8 March 2019

Mengenal Skema MLM Ponzi Yang Bikin Hancur Ekonomi Keluarga

Model bisnis multi level marketing atau MLM dengan skema money game
direkomendasikan haram oleh sidang Komisi Bahtsul Masail Waqiiyah, Munas Alim Ulama Nahdatul Ulama (NU) pada Kamis (28/2) di Banjar, Jawa Barat.


Model MLM yang disebut haram dinilai memiliki sistem ponzi . Sistem ponzi merupakan modus investasi palsu dengan membayarkan sejumlah keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri. Caranya, dengan merekrut anggota.

Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, mengatakan banyak kisah tragis yang dialami korban bisnis MLM berskema ponzi yang sampai membuat keluarga hancur. Money game yang ada dalam bisnis MLM berskema ponzi ini ibarat berjudi yang bisa menghancurkan hidup korbannya.

Menurutnya money game dengan skema ponzi sudah lama memang menggerogoti, bahkan lebih parah dari judi. Ini bisa membuat keluarga cerai-berai, karena dijanjikan keuntungan selangit jadi mereka rela melibatkan keluarga. Pertama kali para korban akan diberikan keuntungan sesuai janji. Misalnya, seseorang menanamkan modal Rp 10 juta, dalam kurun waktu satu bulan dia mendapatkan uang Rp 16 juta.

"Keuntungannya capai 60 persen. Ini kan besar, akhirnya orang tergiur untuk investasi lagi sampai mereka memutuskan jual rumah. Nah, dapat uang Rp 100 juta, Rp 200 juta untuk diinvestasikan dengan harapan akan dapat imbal balik 60 persennya," kata Rhenald.

Namun, setelah berinvestasi banyak, pelaku bisnis money game dengan kedok MLM tadi kemudian lari membawa uang. Yang tersisa kemudian hanya angan-angan mendapat untung, utang yang menumpuk, hingga keluarga tercerai akibat permusuhan.


Karena alasan itu, Rhenald mengaku setuju jika NU mengeluarkan fatwa haram bagi bisnis MLM dengan skema ponzi dan terindikasi money game.

"Karena ini enggak tanggung, tiap menit itu ada ribuan orang yang kena. Dan bisnis MLM bodong ini sudah terjadi sejak 15 tahun lalu. Bahkan ada yang menggunakan basis agama untuk bisnis MLM skema ponzi. Dan masyarakat banyak percaya karena itu kan mereka bilang dari umat untuk umat," pungkasnya.

https://kumparan.com/@kumparanbisnis/mengenal-bahaya-skema-mlm-ponzi-yang-buat-keluarga-hancur-1551616258471989780