Ustaz Abdul Somad Dapat Gelar Syekh Dari Habib Luthfi Usai Dibaiat Thoriqoh

Akun Twitter resmi Nahdlatul Ulama (NU) mengabarkan bahwa Ustaz Abdul Somad atau biasa dipanggil UAS sowan ke kediaman Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (8/2) sore. UAS datang ke ke habib Luthfi beserta rombongannya, termasuk Ustaz Arif Hasanul Muna dan Ustaz Afifudin dari Jombang.


Di akun resminya, NU memuat foto UAS yang sedang bersalaman dengan Habib Luthfi, disertai tulisan: " Ustadz Abdul Shomad (UAS) ber-baiat thoriqoh Qodliriyah wa Naqsyabandiyah kepada Mursyid, Habib Luthfi bin Yahya (Rois aam JATMAN NU), hari ini di Pekalongan, Jawa Tengah ."

Artinya kurang lebih seorang murid yang dilantik oleh mursyid atau guru dalam upayanya mendalami
thoriqoh -- salah satu tingkatan spiritualitas dalam Islam. Namun tentu, UAS yang juga memiliki banyak pengikut bukan murid dalam makna yang biasa. Pertemuan disebutkan sangat eksklusif dan dua tokoh itu berbincang sebagian besar menggunakan Bahasa Arab.

Tetapi disebutkan bahwa Luthfi berpesan kepada UAS untuk meningkatkan strategi dakwah dan memperkuat akidah ahlussunnah waljamaah an-nahdliyah sehingga NU menjadi terdepan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, UAS dianggap sebagai bagian penting dari keluarga NU.

Selain itu, situs NU Jepara menyebutkan UAS mendapatkan gelar panggilan Syekh dari ulama kharismatik asal kota Batik tersebut, sehingga namanya menjadi Syekh Abdul Somad, "menghilangkan panggilan ustaz yang lumrahnya sering digunakan oleh golongan Wahabi".


Ustadz Abdul Shomad (UAS) ber-baiat thoriqoh Qodliriyah wa Naqsyabandiyah kepada Mursyid, Habib Luthfi bin Yahya (Rois aam JATMAN NU), hari ini di Pekalongan, Jawa Tengah.

Dalam konteks politik sekarang, pertemuan itu punya makna penting. UAS sebelumnya diajukan oleh Ijtima Ulama di Jakarta sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Sementara itu, habib Luthfi bin Ali bin Yahya beberapa kali bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan terang-terangan menunjukkan hubungan persahabatan mereka. Misalnya pernah mengatakan beliau bersahabat dengan presiden Jokowi sejak masih menjabat wali kota Solo.

Uniknya, baik UAS maupun habib Luthfi tak pernah secara terbuka menunjukkan dukungan politik mereka kepada masing-masing calon presiden.

https://www.beritasatu.com/politik/537087-uas-kunjungi-habib-luthfi-di-pekalongan.html

Jangan Lewatkan Bacaan Ini

0 Response to "Ustaz Abdul Somad Dapat Gelar Syekh Dari Habib Luthfi Usai Dibaiat Thoriqoh"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel