25 February 2019

Jokowi: Jika Ada Yang Mau Mengembalikan Lahan Ke Negara, Saya Tunggu Sekarang

Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo ( Jokowi) kembali menyinggung konsesi lahan yang dikuasai oleh segelintir orang. Hal itu disampaikannya saat menyampaikan pidato kebangsaan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Minggu (24/2) malam.

Pemerintah, kata Jokowi, telah membagikan konsesi lahan seluas 2,6 juta hektare dari total 12,7 juta yang disiapkan. Jokowi mengklaim ini adalah konsesi tanah untuk rakyat, konsensi tanah untuk rakyat kecil.

"Nah, nah, nah jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan ke negara, saya tunggu sekarang," kata Jokowi.

Jokowi sempat menghentikan pidatonya saat itu karena riuh para massa yang hadir berteriak 'kembalikan-kembalikan-kembalikan'.

"Dan (lahan) akan saya bagikan untuk rakyat kecil," ucap Jokowi seraya mengatakan masih banyak rakyat yang membutuhkan.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo saat memberikan Pidato Kebangsaan di acara persetujuan Rakyat di SICC, Sentul, Bogor. Jawa Barat. Minggu 24 Februari 2019. (CNN Indonesia)

Seperti diketahui, pembahasan soal kepemilikan lahan ini muncul dalam debat capres yang digelar Minggu (17/2) malam. Jokowi menyebut calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memiliki 120 ribu hektare lahan di Aceh Tengah dan 220 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur.
Prabowo pun mengakui bahwa ia memang memiliki ratusan ribu lahan di wilayah tersebut namun dalam bentuk hak guna usaha (HGU).

Baca selengkapnya di:
https://cnnindonesia.com/nasional/20190224202844-32-372221/jokowi-yang-mau-kembalikan-lahan-saya-tunggu-sekarang