3 February 2019

Cak Jokowi Jancuk!

Capres petahana Joko Widodo mendapat sapaan khusus dari pendukungnya di Jawa Timur. Jokowi mendapat panggilan ' cak' dan ' jancuk '. Begini makna sapaan bagi Jokowi itu.
Gelar 'cak' dan 'jancuk' disematkan kepada Jokowi dalam acara Deklarasi dukungan dilakukan di kawasan Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019). Hadir dalam acara itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Seskab Pramono Anung, hingga musisi dan komedian seperti Addie MS, Andre Hehanusa, dan Cak Lontong.


Para pendukung Jokowi dari Forum Alumni Jatim pun terlihat memenuhi ruas jalan di Tugu Pahlawan. Pendukung Jokowi yang mendeklarasikan dukungan ini merupakan para alumni sejumlah kampus yang tersebar di pulau Jawa, khususnya Jawa Timur.

Pembacaan deklarasi dukungan dipimpin oleh Ketua Panitia Deklarasi Forum Alum Jatim, Ernawan. Usai pembacaan deklarasi, Jokowi disematkan pin dan dipakaikan jaket jins warna biru. Jaket jins itu berlukiskan logo Kota Surabaya. Di belakang Jaket bertuliskan 'Cak Jokowi'.

"Mulai kini, kita panggil Pak Jokowi dengan sebutan Cak Jokowi. Jadi kalau Bapak datang ke Surabaya, ke Jatim dipanggil Cak Jokowi," kata Ernawan.

Rupanya gelar 'cak' bukan hanya bermakna sebagai sapaan khas di Jatim. Ada makna di balik penyebutan cak itu.

"Mengapa disebut 'cak'? Karena 'cak' adalah, cakap, agamis, dan kreatif. Itulah Cak Jokowi," kata pembaca acara disambut tepuk tangan pendukung.

Bukan hanya 'cak', pembawa acara tersebut juga menyematkan sapaan 'jancuk' pada Jokowi. Kata 'jancuk' ini akrab di telinga masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Hanya saja 'jancuk' yang dimaksud kali ini bukan umpatan. Makna 'jancuk' ternyata juga singkatan.

"Kalau sudah 'cak', maka ndak komplet kalau tidak ada 'jancuk'. Maka Jokowi adalah 'jancuk'. Apa itu 'jancuk'? Jantan, cakap, ulet, dan komitmen, Saudara-saudara," sebut sang pembawa acara.

Para pendukung Jokowi menyambut antusias dua gelar bagi capres nomor urut 01 itu. Mereka meneriaki Jokowi dengan sebutan 'jancuk'.

"Neng Suroboyo tengah, Jancokan , apa itu Jancokan?" pandu sang pembawa acara.

"Jokowi Jancuk, Jokowi Jancuk," balas para pendukung Jokowi sambil berteriak. Jokowi yang mendengarnya tampak tersenyum.

https://detik.com/news/berita/d-4412031/cak-jancuk-sapaan-jokowi-di-jatim