18 January 2019

5 Momen Menarik Debat Pilpres Perdana 2019

Debat Pilpres 2019 putaran pertama telah selesai diselenggarakan. Debat yang terdiri dari enam sesi ini berlangsung dengan aman dan kondusif di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Meski telah berakhir, namun banyak momen menarik dalam debat yang sulit diabaikan. Mulai dari pelukan hangat kedua capres hingga aksi joget Prabowo di atas panggung. Apa saja hal-hal menarik selama debat? Berikut paparannya:

1. Saat Jokowi dan Prabowo Berpelukan

Joko Widodo dan Prabowo Subianto berjabat tangan usai debat pertama Pilpres 2019. (Foto: YouTube/Liputan6.com)

Di sesi terakhir debat, sebenarnya masing-masing paslon diberi kesempatan untuk memberikan testimoni terkait lawannya. Namun, keduanya memilih untuk tidak berkomentar apapun.

Meski demikian, bukan berarti hal tersebut merupakan tanda 'perang dingin' antara kubu Jokowi-Ma'ruf dengan Prabowo-Sandi. Buktinya, usai sesi keenam ditutup, kedua paslon langsung berjalan ke tengah dan berpelukan.

Bahkan, Jokowi dan Prabowo tampak begitu 'mesra'. Sambil menyapa hangat, keduanya saling menempelkan pipi masing-masing dan berpelukan.

2. Saat Sandiaga Mencium Tangan Ma'ruf Amin

Sandiaga Uno mencium tangan Ma'ruf Amin usai debat pertama pilpres 2019. (Foto: YouTube/Liputan6.com)

Lain halnya dengan cawapres mereka, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Alih-alih berpelukan dan mencium pipi kiri-kanan, keduanya justru bersalaman layaknya orangtua dan anak.

Sandi, yang 26 tahun lebih muda itu terlihat bersalaman sambil mencium tangan Ma'ruf lima kali. Ma'ruf juga tampak menepuk kecil pundak Sandi saat bersalaman dengannya.

3. Debat Memanas, Sandi Pijat Pundak Prabowo

Sandiaga Uno memijat Prabowo Subianto saat debat pertama Pilpres 2019. (Foto: Dok. kumparan)

Sebelumnya, menjelang aksi debat sebenarnya suasana sudah mulai memanas setelah Jokowi menyinggung masalah caleg mantan napi koruptor di Gerindra. Belum selesai Jokowi memaparkan pertanyaannya, Prabowo nyaris memotong dengan sanggahan.

"Jadi begini, Pak. Eh boleh tidak," kata Prabowo yang langsung ditegur oleh moderator Ira Koesno.

Melihat hal itu, Sandi langsung mengelus punggung Prabowo dan beranjak berdiri di belakang Prabowo. Tangannya pun dengan gesit langsung memijat pundak Prabowo dan menepuknya sebelum kembali ke tempat ia berdiri.

4. Usai Dipijat, Prabowo Berjoget

Prabowo Subianto berjoget saat debat pertama Pilpres 2019. (Foto: Dok. kumparan)

Tak cukup di situ, setelah dipijat, Prabowo justru mengeluarkan gerakan spontan. Ia tampak menari kecil, sementara Sandi masih mengelus punggungnya sambil tertawa.

Aksi Prabowo tersebut sontak membuat para penonton debat tertawa, baik dari kubu Prabowo maupun kubu Jokowi. Setelah aksi kecilnya itu, debat perdana pun kembali dilanjutkan.

5. Berswafoto Bersama Moderator

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi berswafoto usai debat pertama Pilpres 2019. (Foto: YouTube/Liputan6.com)

Usai debat, keempat paslon tampak kompak saling berfoto. Bahkan, mereka tampak sumringah saat diajak berswafoto oleh moderator Imam Priyono dan Ira Koesno.

Jokowi tampak mengacungkan kedua jempolnya saat berfoto. Sementara Sandi, memililh membentuk huruf L menggunakan jari telunjuk dan jempol tangannya.

Dengan demikian, berakhir sudah rangkaian acara debat perdana Pilpres 2019. Debat selanjutnya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 dengan mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Sedangkan, debat ketiga akan digelar pada 17 Maret 2019 dan debat keempat akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019. Sementara, untuk debat terakhir dengan tema ekonomi dan keseajahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagan, serta industri, pihak KPU belum bisa memastikan tanggalnya.

https://kumparan.com/@kumparannews/5-momen-paling-menarik-dari-debat-perdana-pilpres-2019-1547770242962888567