5 Kehidupan Santri Yang Patut Dicontoh

Seperti yang kita ketahui, banyak pondok pesantren yang tersebar di Indonesia. Dengan hal tersebut, tentu saja banyak santri yang belajar di pondok pesantren. Santri merupakan sebutan bagi seseorang yang mengikuti program pendidikan di pesantren. Selain itu, Santri juga memiliki hari penting yang diperingati setiap tahun, yaitu tanggal 22 Oktober.


Biasanya seorang santri akan tinggal di pesantren sampai akhir pendidikanya. Selama 24 jam mereka tinggal bersama teman-teman dari bangun tidur, mandi, beribadah, belajar, olahraga, sampai mereka tidur kembali, dan mereka mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Dalam kehidupan santri, tentu saja banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan patut kita teladani. Berikut 5 pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari kehidupan seorang santri di pondok pesantren.

1. Belajar Hidup Sederhana

Dizaman maju seperti sekarang ini, banyak orang apalagi kaum muda pasti terbiasa atau dibiasakan dengan penggunaan berbagai teknologi. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi santri yang hidup di pondok.

Seorang santri harus terbiasa dengan kesederhanaan dengan adanya pelarangan penggunaan telepon seluler, tidak hanya itu tapi juga pembatasan dalam pakaian dan kebiasaan lainnya. Meskipun sudah ada yang membolehkan santri membawa handphone, tetapi sebagian besar pondok pesantren di Indonesia tidak membolehkannya.

Dengan terbiasa dengan kesederhanaan, santri akan lebih mudah beradaptasi dalam kondisi seperti apapun. Kesederhanaan juga dapat meningkatkan semangat mereka untuk berjuang menjadi lebih baik.

2. Belajar Ikhlas, Sabar Dan Mandiri

Bicara keikhlasan, tentu diperlukan oleh seorang santri karena mereka tinggal dengan berbagai macam orang dengan latar belakangnya, sifat dan kebiasaan masing-masing. Ikhlas memahami orang lain, ikhlas beribadah, ikhlas melaksanakan tugas yang dibebankan dan ikhlas menuntut ilmu.

Selain itu, hidup di pondok juga menjadi tantangan tersendiri untuk hidup mandiri. Seorang santri harus bersabar karena harus jauh dari orang tua dan rumah. Dengan jauh dari orang tua, mereka dituntut untuk mandiri dalam menjalani hidup di podok.

Mereka harus sabar menunggu waktu pulang yang dibatasi. Selain itu mereka harus sabar menghadapi segala situasi seperti uang saku yang habis, ada barang yang hilang dan juga sabar dalam menuntut ilmu.

3. Terbiasa Hidup Dalam Keberagaman Dan Menjaga Kerukunan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang sangat beragam. Hal tersebut tentu saja berlaku bagi pondok pesantren yang ada di Indonesia. Santri dari berbagai daerah dan suku berbeda berkumpul dalam satu pondok. akan tetapi para santri tetap hidup rukun dalam kebergaman tersebut.

Hal ini patut kita teladani dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus tetap rukun meskipun hidup dalam lingkungan yang beragam. Karena Indonesia merupakn negara besar dengan keberagamannya.

4. Santri Hidup Dalam Kedisiplinan

Kedisiplinan tentu saja menjadi ciri kehidupan di pondok pesantren yang harus dibiasakan oleh para santri dalam menaati berbagai aturan pondok.Jika mereka melanggar, maka harus berhadapan dengan sanksi yang diterapkan, seperti menghafalkan ayat Al Quran sambil berdiri ketika datang terlambat ataupun sanksi-sanksi lain yang biasa diterapkan dan juga mendidik.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga harus hidup disiplin. Karena dengan disiplin, kehidupan kita menjadi lebih teratur dan juga lebih produktif.

5. Memiliki Semangat Kuat Dalam Belajar

Seorang santri, tidak hanya dituntut untuk terus mengaji. Mereka juga harus belajar hal-hal yang lain dan bermanfaat. Mereka sangat semangat dalam belajar, seperti dalam memahami kitab dan pelajaran-pelajaran lain. Semangat belajar santri sangat terasa saat masa ujian. Pemandangan para santri yang sedang belajar terlihat di sekeliling pondok.

Semangat belajar santri menumbuhkan harapan akan masa depan Indonesia yang digenggam oleh tangan para generasi muda milenial terkini. Semoga mereka kelak menjadi pembangun bangsa yang berwawasan luas, bijaksana dan bermartabat.

Oleh: Anwar Riki

https://www.idntimes.com/life/inspiration/aswar-riki/5-pelajaran-berharga-dari-kehidupan-santri-c1c2

Jangan Lewatkan Bacaan Ini

0 Response to "5 Kehidupan Santri Yang Patut Dicontoh"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel