Bikin kampus, Dapat Izin Dari Kementerian, Jualan Kuliah Murah Tapi Kelas Fiktif; Simsalabim: Anda Lulus sarjana!

Bisnis jual beli ijazah dengan modus kuliah fiktif tak terlalu memerlukan banyak biaya. Pada 2015, Anda cukup bayar Rp5 juta untuk dapat gelar sarjana. Angka Rp5 juta sangat kecil untuk harga selembar ijazah, tetapi sangat besar saat diakumulasikan dengan 1.000 wisudawan: para pemainnya bisa mengeruk Rp5 miliar.

Ilustrasi sindikat ijazah palsu dari kampus-kampus bermasalah milik Mardiyana. Sumber gambar: tirto.id/Lugas

Celah menjual ijazah bodong ini dengan menyediakan slot kosong Nomor Induk Mahasiswa sehingga memungkinkan memasukkan mahasiswa baru pada masa akademik berjalan di luar angkatan kelompoknya. Modus ini segera tertangkap oleh Tim EKA. Imbasnya, kampus STKIP Sera dinonaktifkan oleh Kemenristekdikti pada 2015.

Pada 2018, Tim EKA kembali menemukan kasus serupa. Pemainnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen & Informatika Komputer (STMIK) Triguna Utama, lagi-lagi dimiliki oleh Mardiyana.

Temuan tim Tirto.id di lapangan, kampus yang menyewa sebuah ruko tiga lantai di Cinere, Depok, ini tak menggelar perkuliahan sama sekali, dari pagi hingga sore. Pintu kampus malah digembok. Menurut penjaga kampus, STMIK Triguna Utama menggelar kuliah pada malam hari.

Hal itu tak masuk akal sama sekali. STMIK Triguna pada 2017 tercatat dalam pangkalan data pendidikan tinggi memiliki 1.286 mahasiswa. Sementara kapasitas kampus hanya ada satu ruko. Sangat tidak mungkin seribuan mahasiswa ini bisa mengikuti kuliah pada malam hari semata.

Kampus itu mengeluarkan 728 ijazah, menurut temuan Tim EKA pada awal Oktober lalu. Jika memakai asumsi per ijazah dijual seharga Rp5 juta, maka pihak kampus dan pemain yang diuntungkan dari praktik ini bisa mendapatkan Rp3,6 miliar.

Bagaimana cara kinerja mereka dan kenapa mereka nekat berbuat yang sedemikian hinanya? Simak lebih detil di tautan ini!

Gambar sumber: tirto.id/Lugas

0 Response to "Bikin kampus, Dapat Izin Dari Kementerian, Jualan Kuliah Murah Tapi Kelas Fiktif; Simsalabim: Anda Lulus sarjana!"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel