100 Ribu Lebih Kader Ansor - Banser Hadiri Apel Akbar di Alun - Alun Kajen

Apel akbar Ansor - Banser di alun-alun Kajen, kabupaten Pekalongan, di hadiri banyak kader Ansor dan Banser seluruh Jawa Tengah. Acara ini dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW dan hari pahlawan.

Bertindak sebagai tuan rumah yakni Habib Luthfi dan beberapa Kyai dan habaib Pekalongan. Juga sebagai tuan rumah Bupati Pekalongan. Gubernur Jawa Tengah dan staf-stafnya turut hadir. Hadir pula ketua Umum GP. Ansor pusat, Yaqut Cholil Qoumas, Kepala Satkornas Banser, Alfa Isnaini dan beberapa pengurus utama Ansor - Banser. Dan sebagai tamu istimewa yakni Bapak Presiden Ir. joko Widodo beserta Ibu negara dan beberapa Menteri. Juga ada tamu-tamu undangan penting lainnya.


Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para kyai

Acara ini bertujuan untuk meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan islam rahmatan lil Alamin. Juga meneladani perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI lebih-lebih para Kyai NU. Intinya kita diingatkan akan peristiwa sejarah menjelang dan pasca kemerdekaan.

Dihadiri tidak kurang seratus ribu Ansor dan Banser se Jawa Tengah

Acara prestisius dan besar ini diikuti tidak kurang dari seratus ribu anggota Ansor dan Banser dari berbagai daerah se Jawa Tengah. Pada kamis paginya rombongan Ansor Banser dari berbagai kota bersiap-siap mengerahkan ratusan dan ribuan Ansor Banser. Dari kabupaten Pati sendiri rombongan berjumlah 19 bus dilepas oleh utusan Bupati Pati dan Ibu Kapolres Pati.

Memang pada saat pemberangkatan, Bupati Pati lewat sambutannya mengatakakan bahwa Bupati Pati berhalangan hadir karena ada rapat di pendopo. Namun itu tidak menyurutkan semangat kader Ansor Banser Kabupaten Pati untuk bersama ribuan Ansor Banser lainnya menghadiri even akbar ini. Ibu kapolres Pati dalam keterangannya mengatakan bahwa Ansor Banser adalah elemen bangsa yang sangat penting pengawal NKRI dan persaudaraan bangsa besar ini.

Pemandangan unik

Dalam perjalanan menuju Pekalongan luar biasa banyak armada bus beriringan. Seragam Ansor dan Banser 'menghiasi' jalanan kota. Bahkan saat hujan turunpun terlihat rombongan Banser diatas truk terbuka dan ditutupi terpal tetap semangat nenyanyikan lagu Ya Lal Wathon - hubbul Wathon minal iman. Semua bersemangat menghadiri acara spesial yang bertajuk "Meneladani semangat Nabi Muhammad SAW dan para pahlawan".

Napak Tilas Sejarah

Semua berniat tabarukan sholawat, mengenang kepahlawanan Rasulullah SAW dan para founding father bangsa ini seperti KH.Hasyim.Asy'ari, KH.Kholi Bangkalan, KH. As'ad Syamsul Arifin, KH.Wahab Hasbullah, KH.Bisri Syamsuri, ara kyai NU, dan tokoh nasional bangsa ini.

Para kader NU tersebut diajak napak tilas perjuangan para kyai NU merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang terkemas apik dalam sebuah penampilan sepenggal ajaran ahlussunnah wal jama'ah annahdliyah dan NKRI. Tak ketinggalan, pengurus anak cabang generasi pemuda Ansor (PAC GP Ansor) dan Banser satkoryon Margoyoso Pati juga ikut menghadiri event akbar ini.

Beberapa acara penting yang mendapat apresiasi dari presiden dan tamu undangan diataranya adalah: Pembacaan bersama sholawat Asyghil yang berisi bersholawat pada Kanjeng Nabi dan berdoa agar bangsa ini dihindarkan dari hal-hal yang nemecah belah dan makar. Aksi teaterikal profesional yang sangat apik oleh remaja nahdliyin berkisah perjalanan pendirian NU dan sepak terjangnya. Juga yang tak kalah menariknya aksi Veve Zulfikar dengan lantunan sholawat yang sangat enak didengar.

Dalam kesempatan yang bagus ini para kader-kader Ansor Banser bersama bersholawat mengingat perjuangan Baginda Nabi Muhammad SAW.

Ketua umum GP Ansor, Gus Yaqut mengatakan bahwa Ansor akan selalu menjaga NKRI Pancasila dan berkontribusi menjaga persatuan dan keanekaragaman bangsa. Sedangkan presiden Jokowi mengatakan Ansor, termasuk Banser didalamnya, adalah elemen sangat penting dalam perjalan bangsa ini.

"Mari bersama menjaga toleransi, mari hijrah dari sikap kekerasan menjadi kasih sayang dan mari kita mengingat, meneladani perjuangan Rasulullah dan para ulama termasuk para pahlawan" kata Jokowi.

Acara ditutup dengan do'a Habib Luthfi. Dalam doanya beliau berharap bangsa ini (Indonesia) dijauhkan dari perpecahan dan saling fitnah antar anak bangsa.


Penulis sangat terkesan dengan perhelatan akbar ini, diantaranya:
1. Penataan panggung dan tempat alun-alun Pekalongan yang bagus. Saya fikir ini sudah masuk tingkat nasional.

2. Konten acara bagus dan menarik, terutama aksi teaterikal Napak Tilas perjuangan para pendiri NU. Penampilan dan sound suara spektakuler.

3. Pidato presiden RI Bapak Ir. Jokowi dan ketua umum GP Ansor yang berkesan.

4. Do'a dari Habib Luthfi yang membuat kita di depan panggung malam itu dibuat 'merogoh' jiwa kita sebagai anak bangsa.

5.Yel-yel dan lagu mars Banser yang 'menggelegar ' apalagi beliau Habib Luthfi dan presiden juga ikut menyanyikannya.

Demikian laporan ini semoga bermanfaat dan barokah.
Wallahul muwaffiq ila aqwamitthariq
Wassalamualaikum. Wr. Wb
.

Salam sahabat untuk Ansor Banser seluruh NKRI.
Margoyoso Pati, 23-11-2018

Oleh: Imam Muhlis Ali, Sekretaris PAC. GP. Ansor Margoyoso Kab. Pati

0 Response to "100 Ribu Lebih Kader Ansor - Banser Hadiri Apel Akbar di Alun - Alun Kajen"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel