Membuat Dokumen Di Google Docs Kini Semakin Mudah

Erhaje88

Pengguna layanan office suite berbasis cloud, Google Docs, biasanya perlu mengunjungi situs Google Drive apabila ingin membuat dokumen baru lewat browser. Google belakangan menyediakan “jalan pintas” yang lebih mudah dan praktis untuk melakukan hal tersebut, yakni lewat domain “.new”.

Google Documens/google.co.id

Pengguna kini tak perlu lagi mengunjungi situs Google Drive untuk membuat dokumen, tapi cukup mengetikkan nama jenis dokumen di kolom alamat situs (URL) peramban, diikuti dengan nama domain .new, tanpa awalan “www”. Misalnya, ketik “ docs.new” (tanpa tanda kutip) di kolom URL untuk membuat dokumen Docs baru atau “sheets.new” untuk membuat dokumen Sheets baru.

Tab browser akan langsung menampikan tampilan dokumen baru dimaksud. File dokumen secara otomatis akan tersimpan di folder “My Drive” pengguna di layanan Google Drive.

“Ini adalah trik baru yang menghemat waktu untuk pengguna. Ketikkan domain .new untuk menciptakan dokumen baru Google Docs, Sheets, Slides, Sites, atau Forms secara instan,” kicau akun Twitter Google Docs pekan lalu.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (29/10/2018), pengguna juga bisa membuat bookmark dari tiap-tiap alamat domain .new untuk jalan pintas Google Docs tadi. Apabila telah dibuat bookmark -misalnya Google Docs di docs.new- , pengguna bisa meng-klik bookmark untuk langsung membuka tab menuju pembuatan dokumen Docs baru sehingga menghemat waktu lebih jauh.
Google memang merupakan pemilik domain .new sehingga bisa membikin sub-domain apapun yang diinginkan di bawahnya.

Sejauh ini domain .new bisa digunakan untuk membuat dokumen Docs baru. Tak menutup kemungkinan Google akan menambah aneka sub-domain lagi untuk layanan lain di masa yang akan datang.

http://manado.tribunnews.com/2018/10/29/google-docs-sediakan-jalan-pintas-untuk-bikin-dokumen-di-browser

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: