Youtuber Ini Sebut Rasulullah SAW Awalnya Sesat, Begini Faktanya

Erhaje88

Lagi-lagi dunia maya heboh terkait pernyataan seorang youtuber. Dalam unggahan videonya, seorang yang bernama Evie Effendie mengklaim bahwa ummat manusia pada mulanya adalah sesat. Tak terkecuali dengan Nabi Muhammad SAW. Youtuber yang mengaku sebagai ustadz tersebut alasannya Rasulullah SAW dan ummatnya sesat pada mulanya berdasar surat Adz-Dzuha ayat 7.

Gamba: Evie Effendie

ﻭَﻭَﺟَﺪَﻙَ ﺿَﺎﻟًّﺎ ﻓَﻬَﺪَﻯٰ
(Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.)

Berdasar ayat diatas, Youtuber tersebut menganggap Nabi SAW sesat kemudian mendapatkan hidayah (ditunjukkan jalan oleh Allah SWT). Benarkah Rasulullah SAW sebelum mendapatkan wahyu termasuk bagian orang yang sesat? Disinilah kita harus hati-hati dalam memahami ayat diatas. Untuk menafsirkan ayat ayat al-Qur'an tidaklah mudah, tidak boleh dengan pemahamannya sendiri tanpa mengetahui asbabun nuzulnya (sebab-sebab aya itu diturunkan).

Seseorang yang menafsirkan al-Qur'an haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu. Diantaranya menguasai ilmu gramatika arab (Naheu-Shorof), ilmu manthiq, dan masih banyak lagi.

Maka dalam hal ini, youtuber, Evie Effendie ketika mengklaim bahwa Nabi Muhammad SAW pada mulanya sesat adalah salah. Kenapa? Salah satunya adalah menganggap bahwa Nabi SAW tidak ma'shum. Padahal sifat ma'shum ada dalam diri Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthalib.

Dalam tafsir ibnu Katsir disebutkan:
Firman Allah:
ﻭَﻭَﺟَﺪَﻙَ ﺿَﺎﻟًّﺎ ﻓَﻬَﺪَﻯٰ
(“Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberi petunjuk.”) yang demikian itu sama seperti firman-Nya yang artinya: 52. dan Demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah kami. sebelumnya kamu tidaklah mengetahui Apakah Al kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui Apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan Dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba kami. dan Sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”)( asy-Syuura: 52)

Di antara mereka ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ayat itu adalah Nabi saw. pernah tersesa di jalanan gunung yang terletak di Makkah, ketika itu beliau masih kecil, kemudian beliau bisa pulang kembali. Pada saat itu beliau sedang bersama pamannya menuju ke Syam. Beliau naik unta pada malam hari, lalu iblis datang dan menyelewengkan beliau dari jalan yang sebenarnya. Selanjutnya Jibril datang, lalu menyembur dengan sekali tiupan kepada iblil sehingga dia pergi darinya menuju Habasyah, kemudian mengarahkan binatang kendaraan itu ke suatu jalan. Demikian yang diriwayatkan oleh al-Baghawi.

Dan masih banyak lagi tafsir-tafsir lainnya.

Berikut cuplikan video pernyataan Youtuber, Evie Effendie, yang mengatakan Rasulullah SAW awalnya sesat:

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018