Tips Menabung Dengan Uang Pas-Pasan Dan Dapat Untung

Seringkali kita beralasan tidak bisa menabung karena hanya memiliki uang pas-pasan. Padahal, menabung itu perlu untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

Agar terasa ringan, ada sejumlah cara yang bisa kita tempuh untuk menabung ini. Contohnya adalah memilih produk reksadana yang tersedia dalam fitur BukaReksa di Bukalapak, yang merupakan hasil kerja sama antara Bareksa dan e-commerce Bukalapak.

Gambar grafik di bukareksa

Mengapa harus menabung di reksadana? Karena menabung di reksadana ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung di celengan atau di rekening bank.

Selain itu, kita tidak perlu pergi ke bank atau keluar rumah. Dengan fitur BukaReksa, kita bisa membeli reksadana dari mana saja dan kapan saja.

Keunggulan lain dari menabung reksadana di fitur BukaReksa ini adalah modal awal yang sangat terjangkau, cukup Rp10.000 saja.

Kemudian, produk yang tersedia beragam. Kini ada 10 produk reksadana dari empat jenis reksadana yang bisa dibeli oleh para pengguna (user) Bukalapak.

Untuk jenis reksadana pasar uang, terdapat dua produk, yaitu CIMB Principal Bukareksa Pasar Uang dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang.

Kemudian, untuk jenis pendapatan tetap, ada empat produk. Produk-produk tersebut adalah Syailendra Fixed Income Fund, CIMB-Principal Total Return Bond Fund, Mandiri Investa Dana Syariah, dan Reksa Dana Ashmore Dana Obligasi Nusantara.

Dari jenis campuran, ada dua produk yang bisa kamu pilih di BukaReksa, yaitu Kresna Flexima dan Cipta Syariah Balance.

Terkhir, dari jenis reksadana saham, ada dua produk juga yang tersedia. Produk-produk itu adalah BNP Paribas Pesona dan BNP Paribas Pesona Syariah.

Simulasi Keuntungan Reksadana BukaReksa

Kita lantas bertanya bagaimana modal yang kecil ini bisa memberikan keuntungan. Padahal, kalau menabung di bank saja biasanya ada saldo minimal dan ada biaya administrasi bulanan, belum lagi ada potongan pajak bunga bank.

Kalau kita menabung di reksadana yang tersedia di BukaReksa, tidak ada biaya administrasi bulanan. Selain itu, keuntungan yang kita dapat sudah bebas dari potongan pajak.

Keuntungan kita pun bisa lebih maksimal bila kita secara rutin menyisihkan uang kecil dalam jangka waktu yang panjang. Sebagai contoh, mari kita simulasikan dengan salah satu produk reksadana campuran yang tersedia di BukaReksa, yaitu Kresna Flexima.

Mungkin dalam sehari kita hanya bisa menyisihkan hanya Rp10.000, tetapi bila kita disiplin menyisihkan setiap hari selama sebulan, uang yang terkumpul mencapai Rp300.000. Uang ini secara rutin kita masukkan ke dalam reksadana Kresna Flexima dalam tiga tahun terakhir.

Berdasarkan simulasi Bareksa, dalam tiga tahun kita bisa mengumpulkan uang pokok sebesar Rp11,1 juta. Tidak sampai di situ, uang kita bisa tumbuh menjadi Rp12,988 juta dalam tiga tahun. Artinya, kita menerima keuntungan sebesar 17,01 persen, atau setara Rp1,888 juta.

Dengan simulasi tersebut bisa terlihat bahwa dengan menabung uang kecil, asal rutin dan dalam jangka waktu yang panjang, kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Tidak terasa kan uang yang awalnya hanya Rp10.000 kini bisa menjadi belasan juta rupiah.

Jadi, ayo mulai menabung reksadana sekarang dengan fitur BukaReksa.

Oleh: 

Sumber: bareksa.com
Link: http://amp.bareksa.com/id/text/2018/08/02/nabung-uang-kecil-tapi-bisa-untung-di-bukareksa-ini-caranya/19962/news

0 Response to "Tips Menabung Dengan Uang Pas-Pasan Dan Dapat Untung"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel