Di Negeri Ini Ada Kaum Khawarij, Hati-Hati! Ini Ciri-Ciri Mereka Munurut TGB

Erhaje88

Siapakah sebenarnya kaum Khawarij itu? Berbahayakah keberadaan mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk ini?

Dalam pandangan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, seperti dikutip news.baldatuna.com (28 Juli 2018), Khawarij merupakan salah satu kelompok dalam Islam yang selalu menganggap diri atau kelompok mereka selalu benar. Hanya kelompok atau pandangan anggotanya yang tidak pernah keliru.

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. (tribunnews.com)

Menurut TGB, yang tidak sepaham dengan kelompok Khawarij bukan hanya dianggap salah, melainkan juga dianggap kafir. Pandangan TGB tentang kaum Khawarij ini terekam dalam sebuah video yang diunggah dalam akun instagramnya @tgb.id. Berikut screenshotnya:



Screenshot video TGB yang diunggah di akun instagram @tgb.id. (Sumber: ig.me/2aeduZM9LqO6D1g)

Lebih lanjut TGB menyatakan, ciri khas kaum Khawarij, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain, adalah mau menang sendiri. Hal itu terkait dengan penggunaan ayat-ayat dalam perang.

Kelompok Khawarij kerap mengambil ayat-ayat Kitab Suci Al Quran yang sebenarnya diarahkan untuk kafir Quraisy dalam situasi perang, tetapi ayat tersebut diterapkan kepada umat Islam yang lain. Dengan kata lain, mereka cabut ayat dari konteksnya untuk menjustifikasi kepentingan mereka.

Berbahayakah keberadaan kelompok Khawarij di negeri ini? Tentu, sangat berbahaya! Melepaskan ayat-ayat perang dari konteksnya untuk mencari pembenaran demi kepentingan kelompok jelas sangat berpotensi memicu sentimen kebencian dan permusuhan.

Mereka yang tidak sepaham dan sealiran dengan kelompok Khawarij terkait dengan sikap keberagamaan, dengan mudah akan dicapai sebagai kafir. Untuk mencari pembenaran atas sikapnya, kaum Khawarij tak segan-segan mengutip ayat-ayat perang untuk menyerang mereka yang tidak sealiran.

Di tengah situasi sosial bangsa kita yang begitu plural dan majemuk, pandangan kaum Khawarij semacam itu jelas perlu diwaspadai. Kita harus bersikap hati-hati agar tidak gampang terhasut dan terprovokasi.

Dalam konteks politik, kaum Khawarij menunjukkan perannya dengan menuding kelompok lain sebagai kafir apabila pilihan politiknya berbeda dengan kaum Khawarij. Mereka tak jarang mencomot ayat-ayat Al Quran sebagai alat pembenar bahwa pilihan politik merekalah yang paling benar.


Oleh: Sawali Tuhusetya
Sumber:
http://tz.ucweb.com/8_2Qbc4

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018