Pendaftaran Beasiswa LPDP Resmi Dibuka, Ini Syarat-Syaratnya

Erhaje88

Pemerintah melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran program beasiswa magister (S2) dan doktoral (S3) dalam dan luar negeri untuk periode seleksi tahun 2018.
Kuota beasiswa LPDP tahun 2018 tersedia sebanyak 4.000 kursi. Salah satu yang ditawarkan adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia Reguler.

Batas umur pendaftar beasiswa LPDP reguler maksimal 35 tahun untuk Program Magister dan 40 tahun untuk Doktoral (tirto.id)

Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Reguler atau BPI Reguler merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi warga Indonesia telah lulus sarjana (S1/D4) untuk program magister dan telah lulus magister (S2) untuk program magister.

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Reguler

1. Memiliki Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba, berlaku untuk semua pendaftar BPI dan surat keterangan bebas TBC, hanya untuk pendaftar Beasiswa tujuan luar negeri.

2. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja dan rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja.

3. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi.

4. Batas usia pendaftar beasiswa LDPD reguler maksimal 35 tahun untuk Program Magister dan 40 tahun untuk Doktoral.

5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,0 (Program Magister) dan 3,25 (Program Doktoral) pada skala 4 yang dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.

6. Pendaftar beasiswa LPDP untuk program Magister Dalam Negeri harus memiliki IELTS 6,0, TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, TOEIC 650 atau TOAFL 500 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
Sedangkan pendaftar Magister Luar Negeri harus memiliki IELTS 6,5, TOEFL iBT 80, TOEIC 800 atau TOAFL 550 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.

7. Pendaftar Doktoral Dalam Negeri harus memiliki IELTS 6,0, TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, TOEIC 700 atau TOAFL 530 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
Sedangkan pendaftar beasiswa LPDP untuk program Doktoral Luar Negeri harus memiliki IELTS 7,0, TOEFL iBT 94, TOEIC 850 atau TOAFL 550 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.

8. Penerima Beasiswa wajib menyelesaikan masa studi paling lama 24 bulan. Apabila menyelesaikan studi lebih dari 24 bulan maka harus mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan pendanaan beasiswa ditanggung oleh Penerima Beasiswa.

9. Pendaftar tidak harus memiliki
LoA Unconditional saat mendaftar beasiswa LPDP. LoA Unconditional
adalah surat tanda terima perguruan tinggi tanpa syarat.

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP S2 dan S3 Reguler

Pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam negeri pada 7 Mei – 8 Juni 2018. Sedangkan pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan luar negeri pada 2 Juli - 21 September 2018.

Pendaftar juga wajib melengkapi dan mengunggah semua dokumen persyaratan dan/atau dokumen pendukung yang relevan pada laman resmi LPDP di
beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Adapun syarat dan kriteria pendaftar untuk program beasiswa tersebut dapat diakses melalui
lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa

Sumber link:
https://amp.tirto.id/syarat-dan-cara-daftar-beasiswa-reguler-lpdp-2018-cJQE

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018