Lawan Teroris, Gabungan Pasukan Elit TNI Ini Akan Dihidupkan Lagi

Erhaje88

Aksi kerusuhan yang didalangi oleh para napi teroris di Markas Korps Brimob mendapat perhatian serius dari Presiden Jokowi. Ancaman teroris dipandangan sebagai bentuk ancaman nyata bagi Indonesia.

Untuk itu menurut Kepala Staf Presiden, Moeldoko seperti dilansir tempo.co (11/05/18) bahwa Presiden Jokowi tertarik untuk kembali mengaktifkan satuan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk mengatasi ancaman terorisme.

Lebih lanjut Moeldoko, seperti dilansir tempo.co (11/05/18) menjelaskan bahwa Satuan Koopssusgab sebelumnya sudah pernah dibentuk. Koopssusgab terdiri dari gabungan pasukan elit TNI yaitu Kopassus dari TNI AD, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL, dan Detasemen Bravo 90 dari TNI AU.

Berikut ini adalah deretan potret masing-masing pasukan elit yang tergabung dalam Satuan Koopssusgab TNI;

Kopassus TNI AD

Gambar: google image

Detasemen Jalamangkara (Denjaka)

Gambar: google image

Detasemen Bravo 90 dari TNI AU

Gambar: google image

Kekuatan Satuan Koopssusgab TNI dengan komposisi gabungan pasukan elit Angkatan Darat, Laut dan Udara tentu tidak diragukan lagi. Ketiga pasukan elit ini memilki reputasi mengerikan, bahkan disebut sebagai "pasukan hantu".

Melibatkan Satuan Koopssusgab TNI dalam penanganan terorisme masih menyisahkan perdebatan, karena dikhawatirkan tumpang tindih dengan fungsi pasukan Densus 88 anti teror polri. Namun, berkaca dari kasus kerusuhan di Markas Korps Brimob baru-baru ini, usulan untuk melibatkan TNI kembali mengemuka.

Banyak kalangan menilai teorisme bukan lagi sebuah kejahatan pidana biasa, tetapi sudah menjadi ancaman terhadap keamanan nasional. Sehingga perlu melibatkan semua sumber daya yang ada untuk mengatasinya, termasuk dengan melibatkan Satuan Koopssusgab TNI.

Teror bom bunuh diri yang terjadi di tiga Gereja di kota pahlawan, Surabaya pada hari ini (Ahad, 13/05/2018) adalah salah satu bukti kuat bahwa terorisme sudah menyebar dan banyak pendukungnya. Wacan pembentukan satuan gabungan dari pasukan elit TNI adalah sangat tepat untuk saat ini.

Untuk para teroris dan para simpatisannya, sebaiknya kalian menyerah dan bertaubatlah jika kalian tidak ingin mendapatkan mimpi buruk dari gabungan para pasukan elit TNI ini

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1087868/tangani-terorisme-jokowi-tertarik-hidupkan-lagi-koopssusgab-tni

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: