ITS Akan Buka Pendaftaan 610 Mahasiswa Diploma, Cek Syaratnya

Erhaje88

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menggelar Seleksi Masuk Program Vokasi (SMPV). Seleksi untuk jalur diploma tersebut akan dibuka mulai 6 Juni mendatang. Tahun ini, ITS menyediakan kuota 610 bangku untuk calon mahasiswa jalur diploma.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Dekan Fakultas Vokasi ITS Prof Ir M Sigit Darmawan M Eng Sc PhD menjelaskan, proses pendaftaran dan seleksi program diploma sedikit berbeda dari tahun lalu. Tahun ini, seleksi dilakukan serentak untuk program D3 dan D4. Tujuannya untuk efisiensi waktu dan biaya bagi peserta.

Pilihan program studi pada SMPV-ITS 2018 terdiri atas satu program sarjana terapan (D-4) dan delapan program diploma tiga (D-3). Secara detail, satu program studi D-4 yakni Teknik Infrastruktur Sipil.

Sedangkan program D-3 yang tersedia antara lain Teknik Mesin Industri, Teknik Mesin Industri Kerja Sama Disnaker, Teknik Elektro Otomasi, Teknik Elektro Otomasi Kerja Sama Disnaker, Teknik Kimia Industri, Teknik Instrumentasi dan Statistika Bisnis.

Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi. Pilihan tersebut bisa berupa kombinasi satu program D-4 dan dua program D-3, atau ketiganya program D-3.

 Jika ingin memilih Departemen Teknik Kimia Industri dan Teknik Elektro Otomasi tidak boleh buta warna.

Seleksi akan dibagi menjadi dua kelompok dengan daya tampung yang berbeda. Kelompok satu, daya tampungnya sebanyak 424 orang. Sedangkan kelompok dua sebanyak 186 orang.

Disinggung tentang isu adanya keharusan D-3 melanjutkan ke D-4, Sigit menjelaskan bahwa mahasiswa diploma tidak diwajibkan meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana terapan. Melainkan hanya disarankan.

Hal itu lebih baik untuk memperdalam rumpun ilmu dan keahlian. Jika melanjut ke jenjang sarjana, dibutuhkan waktu lebih lama untuk matrikulasi atau penyetaraan mata kuliah. "Ini hanya saran saja. Namun jika ingin melanjut sarjana, tidak masalah," katanya.

Fakultas Vokasi ITS sedang berupaya membuka program studi D-4 untuk setiap jurusan. Saat ini proses pembukaan prodi baru telah sampai pada pengiriman proposal di bidang akademik ITS. Targetnya pada 2019, program D-4 sudah ada untuk semua jurusan.

Untuk prospek dunia kerja, sebenarnya lulusan vokasi cukup cepat mendapatkan pekerjaan. Sebab menurut pengalaman, lulusan vokasi biasanya akan mendapat masa pelatihan hanya satu bulan di perusahaan. Sedangkan lulusan dari program jalur akademik atau sarjana bisa mencapai enam bulan lamanya.

Proses pendaftaran dan keterangan lengkap, dapat dilakukan secara online di: http://smits.its.ac.id

Sumber link:
https://www.jawapos.com/read/2018/05/18/213652/its-akan-buka-pendaftaran-610-mahasiswa-diploma

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com:

BUKAYANGBAIK May 2018