Ingin Dapat Pahala Seperti Orang Yang Puasa Meskipun Datang Bulan? Ini Tipsnya

Erhaje88

Wanita adalah makhluk istimewa yang diciptakan oleh Allah SWT. Ia memiliki banyak keistimewaan, salah satunya yakni mengalami menstruasi atau haid.
Saat mengalami datang bulan atau menstruasi, wanita muslimah diharamkan untuk beribadah wajib seperti sholat dan puasa. Tentu yang kedua ini berlaku saat tiba pada bulan Ramadhan.

Gambar: ilustrasi wanita haid/google image

Wanita yang sedang mengalami masa menstruasi, dilarang melaksanakan ibadah puasa di bulan yang suci ini, dan wajib menggantinya di hari lain pada bulan selain Ramadhan. Padahal kita semua tahu jikalau beribadah pada bulan penuh rahmat tersebut akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat. Namun bagi wanita yang berhalangan yang menyebabkan tidak boleh berpuasa tidak perlu khawatir, karena Allah SWT merupakan Tuhan yang Maha Pemurah.

Beberapa amalan ini dapat dilakukan wanita ketika sedang mengalami haid di Bulan Ramadan, agar senantiasa mendapatkan pahala dan keberkahannya meskipun tidak sedang berpuasa. Berikut amalan-amalan yang dapat dilakukan wanita saat sedang tidak puasa yang dihimpun dari Liputan6.com:

1. Perbanyak Dzikir

Dzikir merupakan sebuah aktifitas ibadah dalam umat Muslim untuk mengingat Allah, di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah. Dzikir merupakan salah satu kewajiban yang tercantum di dalam Al-Qur’an.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” – Surat. Al-Ahzaab : 41-42.

Dalam surat itu disebutkan bahwa berdzikir merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Memperbanyak dzikir, apalagi ketika bulan Ramadhan dapat menjadi amalan yang memiliki pahala banyak. Maka, berdzikir menjadi jawaban agar tetap mendapatkan pahala saat wanita mengalami datang bulan di Bulan Ramadan.

2. Menghidangkan Iftar Dan Sahur

Amalan lain yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid adalah menghidangkan iftar dan menyiapkan makan sahur. Iftar merupakan hidangan untuk berbuka puasa. Wanita yang memasak hidangan untuk berbuka puasa untuk orang lain atau keluarganya yang sedang berpuasa dan menyiapkan makan sahur bagi orang yang akan berpuasa, mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW Bersabda, “Barang siapa yang memberi iftar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

Dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Makanan sahur adalah makanan yang barakah maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun seorang dari kalian hanya sahur dengan meneguk air, karena sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur”. (HR. Imam Ahmad)

Jadi, haid atau mesntruasi bukanlah penghalang bagi wanita untuk tidak mencari pahala dan keberkahan di Bulan Suci Ramadhan. Mari beramai-ramai memanen pahala di Bulan yang penuh Rahmat, barakah dan ampunan ini.

Amalan amalan lainnya bagi wanita haid di bulan Ramadhan (NU Online)

Link asal:
http://www.suratkabar.id/94082/ramadhan/haid-di-bulan-ramadan-yuk-panen-pahala-dengan-lakukan-amalan-ini

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018