Berikut Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Buntet di Jakarta

Erhaje88

Selain di kawasan Jawa Timur, pondok pesantren di wilayah Jakarta dan Jawa Barat juga tidak kalah banyaknya. Salah satu ponpes terbesar, yakni
Pondok Pesantren Buntet juga banyak diminati oleh umat muslim di Tanah Air. Ponpes yang sudah berumur ratusan tahun ini ternyata menyimpan sejarah yang cukup menarik. Tak heran jika santri lulusan Ponpes Buntet ada begitu banyak. Terutama biaya pendidikan di Pesantren Buntet juga tidak terlalu menguras kantong.

Pesantren Buntet Jakarta - regional.liputan6.com

Pondok Pesantren Buntet yang berlokasi di Mertapada Kulon, Cirebon, Jawa Barat ini kabarnya telah didirikan sejak abad 18 M oleh Mbah Muqoyyim, orang yang masih menjadi kerabat dengan Keraton Cirebon. Ayah Muqoyyim, Abdul Hadi adalah putra dari Pangeran Cirebon dan Anjasmoro, yaitu putri dari Lebe Mangku Warbita Mangkunegara.

Mbah Muqoyyim sendiri pernah tinggal di keraton dengan kedua orang tuanya. Ia pun mengenyam pendidikan agama Islam, ketatanegaraan, hingga ilmu kedigdayaan. “Melalui proses itulah, selain memiliki kemampuan dalam segi ilmu pengetahuan, Mbah Muqoyyim juga dikenal dengan kiai sakti mandraguna,” kata keluarga Ponpes Buntet Cirebon, Ahmad Rovahan, seperti dilansir Liputan 6.

Hingga kini Ponpes Buntet menawarkan beberapa jenjang pendidikan formal mulai dari tingkat Sekolah Dasar (MI), SMP (MTs), SMA (MA), SMK NU Mekanika, AKPER, hingga lembaga kursus dan pelatihan. Sayangnya di website Buntet Pesantren tidak dicantumkan secara rinci berapa biaya pendidikan di sana. Pihak Ponpes Buntet biasanya hanya mengumumkan informasi terkait jadwal pendaftaran atau kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.

Namun di Ponpes Al Ishlah yang masih satu naungan dengan Ponpes Buntet beberapa tahun lalu mematok biaya pendataran sebesar Rp 500 ribu, kemudian santri juga dikenai uang listrik 1 tahun Rp 400 ribu, uang kas 1 tahun Rp 300 ribu, uang makan per bulan mencapai Rp 800 fibu, uang cuci pakaian per bulan Rp 150 ribu, uang jajan per bulan Rp 150 ribu, uang dirosah per bulan Rp 50 ribu, dan sumbangan seikhlasnya. Untuk mengetahui informasi lebih jelas seputar biaya Pesantren Buntet Jakarta bisa dilakukan dengan menghubungi pihak pesantren.

https://kursrupiah.net/termasuk-ponpes-tertua-di-indonesia-berapa-biaya-pesantren-buntet-jakarta/16177/

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: