Empat Pengeluaran Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Sudah menjadi mafhum jika bulan Ramadhan identik dengan bulan penuh keberkahan. Di bulan ini, banyak orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan amaliahnya.

Namun di sisi lain, Puasa juga menjadi bulan penuh pengeluaran. Dengan harga barang-barang yang umumnya meningkat, orang sering kali lupa dan kalap belanja makanan untuk sahur atau berbuka. Alhasil, pengeluaran bulanan makin membengkak.

Ngabuburit

Berbicara tentang pengeluaran
bulan puasa, ada empat pengeluaran yang unik yang hanya bisa ditemui saat Ramadhan.

Yang pertama adalah buka puasa bersama. Acara buka puasa bersama ini menjadi ajang untuk berkumpul dengan teman-teman yang sudah lama tidak ditemui atau keluarga yang jauh. Saat bulan Ramadhan, biasanya anda akan mendapatkan undangan buka puasa bersama dengan teman-teman SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan teman kantor.

Yang kedua, biaya untuk bisnis Ramadhan dan Lebaran. Bukan rahasia lagi bahwa bulan tersebut menjadi bulannya bisnis sampingan bagi sebagian orang. Ada serangkaian bisnis yang hanya muncul selama Ramadhan, misalnya jualan makanan takjil, amplop THR, dan pakaian untuk hari raya. Semua bisnis ini memerlukan modal. Jika kita ingin berkecimpung di bisnis ini, pastikan punya modal yang cukup untuk diputar.

Ketiga, biaya persiapan jelang Lebaran. Menjelang Idul Fitri, pengeluaran bisa membengkak. Tak sedikit orang yang mengeluarkan ekstra uang untuk membeli makanan, baju baru, sampai mempersiapkan uang untuk THR anak-anak kecil.

Keempat, biaya mudik. Mudik menjadi agenda “ rutin” selama bulan Ramadhan. Di penghujung bulan Puasa, sebagian orang Muslim yang merantau akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak famili. Namun, mereka juga mengeluarkan biaya tambahan untuk mudik. Misalnya, untuk membeli tiket pesawat, kereta api, sampai hotel. Apalagi menjelang lebaran, harga tiket transportasi melonjak.

Untuk mengantisipasi membengkaknya pengeluaran keuangan pada bulan puasa, hendaknya kita mampu menahan belanja yang bersifat konsumtif. Belanja apa yang anda perlukan, bukan yang anda inginkan.

(Sumber: Bintang.com/Karla FarhanaAmalan)

https://dream.co.id/dinar/4-pengeluaran-ini-hanya-ada-di-bulan-ramadan-180517r.html

0 Response to "Empat Pengeluaran Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel