Sebelum Pengajuan Kredit Cek Dulu Riwayatmu Di KLIK OJK, Ini Panduan Lengkapnya

Erhaje88

Sebelumnya, jika seseorang akan mengecek riwayat kredit ke BI Checking, yaitu laporan berisi riwayat kredit atau pinjaman seorang nasabah kepada bank atau lembaga keuangan non bank yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Sekarang tidak bisa lagi. Pemerintah telah menghapus sistem tersebut dengan diganti Sistem menjadi SLIK OJK. Apa itu?


SLIK OJK adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan yang dikeluarkan oleh OJK alias Otoritas Jasa Keuangan, bukan lagi BI. Meski lembaga yang mengeluarkannya sudah beda, tapi keduanya sama-sama mendukung pengecekan data kredit seseorang. Meski intinya sama, SLIK OJK ini punya kelebihan yang tidak ada di BI Checking.

Kenapa BI Checking tidak dipakai lagi? Salah satu alasannya adalah layanan pembiayaan di Indonesia yang semakin berkembang. Kini, layanan pembiayaan bukan lagi berasal dari bank semata, melainkan juga non-bank seperti koperasi, pegadaian, hingga modal ventura.

Berdasarkan peraturan yang ada, semua layanan, baik keuangan bank maupun non-bank,  harus berada di bawah pengawasan OJK. Jadi SLIK OJK diterapkan supaya mekanisme ini efektif.

Keunggulan SLIK OJK Dibandingkan BI Checking

Karena OJK mengawasi layanan bank maupun non-bank, dengan sistem baru ini pihak kreditur atau pemberi pinjaman jadi pihak yang cukup diuntungkan. Soalnya, mereka bukan cuma dapat informasi kredit debitur alias peminjam di bank saja, tapi juga pada layanan non-bank.

Jika masih memakai BI Checking, yang bisa dilihat habya informasi kredit di bank saja. Jadi informasi yang didapat tidak menyeluruh. Dengan sistem baru ini kreditur bisa lebih hati-hati dalam menyalurkan dananya.

Sebagai informasi, per Desember 2017 lalu, ada 1.648 lembaga jasa keuangan yang jadi pelapor SLIK OJK. Jumlah lembaga yang mencapai ribuan itu bukan cuma bank saja, tapi juga koperasi, asuransi, dan modal ventura.

Apa untungnya untuk debitur? Dengan sistem ini, anda sebetulnya secara tidak langsung dibuat jadi orang yang bisa lebih menjaga reputasi kredit. Artinya, anda akan lebih hati-hati sewaktu melakukan peminjaman dana.

Disamping itu, permintaan pinjaman dari nasabah baru bakal lebih mudah disetujui karena data yang ada lebih lengkap. Keunggulan lainnya sebagai berikut:

• Tidak ada biaya apapun untuk mengecek informasi kredit anda, baik buat perorangan maupun badan usaha.
• Proses cepat. Hanya butuh lima menit untuk mencetak informasi dan 15 menit untuk penjelasan.
• Anda tidak perlu lagi membawa banyak berkas hanya sekedar untuk mengecek SLIK. Cukup bawa kartu identitas.

Panduan Pengajuan Permintaan Informasi Debitur di SLIK OJK

Ada tiga kategori untuk mengajukan permintaan informasi kredit di SLIK OJK, yaitu pemohon perorangan, badan usaha, dan perwakilan. Berikut rincian panduannya dari awal hingga akhir berdasarkan situs resmi OJK:

Infografik pengecekan SLIK (OJK)

Silahkan anda datang ke Gerai Pelaku Kantor Regional yang tersebar di 37 kota di seluruh Indonesia. Untuk area Jabodetabek, silahkan langsung mendatangi kantor pusat OJK dengan membawa dua identitas diri, di Menara Radius Prawiro lantai. 2, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin Nomor 2, Jakarta Pusat. Jam pelayanan dibuka mulai dari jam 09.00 sampai 15.00.

Layanan sistem SLIK OJK sebagai pengganti BI Checking ini mesti dilakukan offline, tidak seperti BI Checking dulu. Tapi bukan tidak mungkin dalam waktu dekat OJK akan melayani secara online. Supaya lebih mudah lagi tentunya. [blog.duitpintar.com]

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: