Ramadhan Sebentar Lagi Datang, Siap Hatamkan Al-Qur' an Dalam Seminggu? Ini Jadwalnya

Erhaje88

Kurang dari dua bulan, kita akan menjumpai bulan penuh berkah dan rahmat yaitu bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulannya bulan. Bulan dimana kita bisa berlomba-lomba mendapatkan kebaikan di dalamnya, yaitu amal ibadah, mengharapkan ridha dari Allah SWT. Salah satu harapan yang ada di dalam jiwa kita adalah keinginan untuk bisa menjumpai dan menikmati lagi dengan bulan Ramadhan. Karena disana ada banyak ampunan bagi orang orang yang meminta ampun atas kekhilafan dan dosa-dosa pada Sang Maha Pengampun.

(Ramadhan bulan Al-Qur'an)

Kita tidak perlu malu atau belum siap bertemu Ramadhan. Sebagai orang yang gembira atas datangnya kembali bulan Ramadhan (jika diberi umur panjang dan bertemunya) maka target yang ingin kita capai adalah mendapatkan nilai-nilai keistimewaan dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Ada banyak pahala yang Allah SWT turunkan di dalam bulan Ramadhan, salah satunya adalah melipat gandakan pahala ketika membaca Al-Qur' an. Di bulan tersebut, pintu taubat dibuka. Ini merupakan peluang yang sangat besar yang diberikan Allah SWT dan kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan itu untuk beristighfar dan meminta ampunanNya.

Karena rahasia puasa didalam bulan Ramadhan merupakan hal yang amat penting bagi kita semua, maka sudah sepantasnyalah jika kita harus bergembira menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh rasa gembira, sehingga kegembiraan kita ini akan membuat kita bisa melaksanakan ibadah dengan perasaan yang ringan walaupun sebenarnya adalah berat. Salah satunya adalah membaca dan menghatamkan Al-Qur'an dalam satu minggu (apalagi mengingat pahalanya dilipatkan sepuluh kali lipat daripada bulan bulan selain Ramadhan). Awal-awalnya sangat berat, namun jika riyadloh ini dilakukan istiqomah, terus menerus, hingga pada bulan bulan selain Ramadhan, niscaya disamping terasa tak lagi berat, manfaat dan faedahnya banyak sekali.

Berikut ini adalah jadwal cara menghatamkan baca Al-Qur' an dalam tujuh hari. Dimulai usai shalat Maghrib hingga waktu Ashar menjelang maghrib:

Hari pertama dimulai dengan membaca dari awal surst Al-Baqarah sampai dengan surat Al-Maidah.
Hari kedua baca dari awal surat Al-An’am sampai dengan surat At-Taubah.
Hari ketiga membaca mulai dari awal surat Yunus sampai dengan surat Maryam.
Hari keempat membaca dari awal surat Thaaha sampai dengan surat Al-Qashash.
Hari kelima baca mulai awal surat Al-Ankabut sampai dengan durat Shaad.
Hari keenam membaca awal surat Az-Zumar sampai dengan surat Ar-Rahman.
Dan hari yang ketujuh baca mulai awal surat Al-Waqiah sampai dengan surat An-Naas.

Manfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk melatih diri dengan hal yang baik, diantaranya seperti hal diatas, yaitu selalu bibir kita basah oleh ayat ayat Allah. Dengan latihan sebulan, harapannya adalah supaya pada bulan bulan berikutnya kita bisa terbiasa menghatamkan Al-Qur' an dalam tujuh hari. Untuk bulan berikutnya bisa dimulai pada malam Jum'at usai shalat Maghrib sampai Ashar menjelang Maghrib kembali.

Sekali lagi, janganlah kita sia-siakan kesempatan sekali dalam setahun tersebut untuk latihan, mendidik jiwa dan taqarrub melalui wasilah al-Qur'an. Dan yang tidak kalah penting adalah pererat kembali jalinan tali silaturahmi, perbaiki hubungan yang renggang dengan saudara-saudara kita, dan jangan memutuskan tali persaudaraan dengan seseorang di bulan Ramdhan hinhga bulan bulan berikutnya.

Allah SWT memberikan pertolongan dan hidayah seseorang secara berturut-turut, pastikan diri kita mendapatkannya dan tidak kehilangan sedikitpun pada bulan tersebut, lebih lebih dengan kefadhilahan membaca al-Qur' an. Amien...

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: