Sebelum Meminjamkan Uang Pada Teman, Perhatikan 5 Tips ini Agar Tak Menyesal Di Kemudian Jari

Erhaje88

Terkadang hidup memang tidak selalu berjalan lancar. Ada saatnya orang-orang selalu membutuhkan bantuan berupa pinjaman uang secara mendadak. Sebagai orang yang ingin meminjamkan uang, tentu perlu memperhatikan siapa orang yang pas untuk diberi pinjaman.

Diambil dari laman Okezone, berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum meminjamkan uang ke orang lain:

(meme hutang)


1. Siapkan Mental

Menyiapkan mental untuk menerima risiko tentu hal yang harus diperhatikan. Terutama jika meminjamkan uang ke orang lain tetapi uang tidak kembali. Jika tidak siap untuk meminjamkan uang, lebih baik jangan berikan pinjaman.

2. Berikan Hanya untuk Kebutuhan Darurat

Ketika ingin memberikan pinjaman ke orang lain, lihatlah kondisi orang yang ingin meminjamkan uang. Keperluan yang darurat, seperti perawatan rumah sakit tentu perlu diberikan pinjaman.
Jangan asal berikan pinjaman, jika orangnya tersebut hanya pinjam hal yang bersifat tidak darurat.

3. Memahami Karakter atau Perilaku

Sebelum meminjamkan uang sebaiknya kita memahami karakter dan kebiasaan atau perilaku orang yang akan dipinjami uang, apakah orang tersebut dapat benar-benar dipercaya dan akan mengembalikan uang sesuai janjinya? Karena risiko meminjamkan uang kepada teman ataupun orang yang dekat dengan kita adalah uang yang diberikan bisa saja tidak dikembalikan.

4. Pikirkan Kondisi Keuangan

Sebelum memberikan pinjaman, ada baiknya pikirkan keadaan keuangan sendiri, jangan sampai ketika meminjamkan uang kepada orang lain justru malah menyulitkan kondisi keuangan sendiri.

5. Tanyakan Sumber Dana untuk Membayar Kembali

Kadang orang berpikir, ketika meminjamkan uang, tidak memikirkan dari mana uang itu berasal, yang penting uang yang dipinjamkan kembali tepat waktu. Hal itu mesti dipikirkan lagi, karena bisa saja orang tersebut tidak bisa bayar tepat waktu malah meminjam uang ke orang lain lagi untuk membayar pinjaman anda yang akan berakhir menjadi masalah.

Diatas adalah tips yang perlu anda perhatikan ketika ingin meminjamkan uang ke orang lain. Berhati-hati itu perlu ketika ingin membantu orang dalam bentuk pinjaman uang.

(Sumber)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018