Kia Said Aqil: Silahkan Belajar Ke Arab, Pulang Bawa Ilmu Bukan Jenggot Dan Gamis

Erhaje88

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU ) KH Said Aqil Siradj menyampaikan bangsa Indonesia akan tetap ada sampai kapan pun, terlebih jika warganya sendiri bangga dengan budayanya sendiri.

"Perlu saya tegaskan, saya dengan Muhammadiyah Insya Allah sama. Kita dengan hal umum sama, mari kita selamatkan, kita jaga keutuhan NKRI. Bukan hanya geografi, tapi yang paling penting keutuhan budaya," katanya saat pertemuan dengan pengurus Muhammadiyah di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018).

(Kiai Said melayani Haidar Nashir)

Menurut kiai Said, hal itu telah dicontohkan pendiri NU dan Muhammadiyah, yakni KH Wahid Hasyim dan KH Ahmad Dahlan. Sekembalinya dari menimba ilmu, khususnya Islam di Timur Tengah, keduanya membawa semangat yang sama untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia.

"Belajar ke Arab boleh, tapi pulang harus bawa ilmu, bukan bawa jenggot. Jangan bawa gamis, bawa ilmu. Karena kalau belajar Islam belum ke Arab memang kurang. Begitu pula yang belajar di Amerika, Eropa. Silakan belajar ke mana, Australia, pulang bawa teknologi, ilmu, jangan bawa budaya. Dari Eropa jangan bawa anggur, dari Arab jangan bawa gamis, jenggot," jelas dia.

kiai kelahiran kota udang ini menyatakan bahwa budaya Indonesia lebih baik daripada budaya Timur Tengah. Seperti adab memanggil saudara, istri, dan keluarga lainnya, Indonesia lebih santun dibanding Arab Saudi.

"Kita lagi sujud, biasa melangkah di kepala ini. Ini pasti bukan orang Indonesia. Pasti orang Arab itu. Orang lalu-lalang di depan biasa lalulalang, enggak risih. Coba pas umrah kalian itu. Bungkuk sedikit, enggak ada," kata alumni Ummul Quro, Madinah tersebut.

RI Punya Pancasila

Terlebih, Indonesia punya pondasi fundamental, yakni Pancasila. Dasar negara itu berperan besar menjaga keutuhan NKRI, tidak seperti bangsa lain yang bahkan negara Islam pun, penuh konflik berkepanjangan dalam bentuk peperangan antar saudara.

"Tradisi kita pertahankan, yang baru datang apabila itu bermaslahat, kita terima dengan baik," kata Kiai Said.

Tonton videonya dibawah ini:

[liputan6.com]

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018