Menjawab Khalid Basalamah Yang Katakan Mengusap Sebagian Kepala Saat Wudlu Adalah Sunnah

Erhaje88

Dalam cuplikan video dibawah ini, Khalid Basalamah mengatakan bahwa mengusap sebagian kepala pada saat berwudlu adalah sunnah mu'akkadah, bukan wajib sebagaimana pendapat ulama Salafiyyah, termasuk Imam Syafi'i.

Dalam al-Qur an, surat Al-Ma'idah ayat 6 disebutkan:

(Membasuh sebagian kepala/duniailmu28.blogspot.com)


: " ﻳَﺎ ﺃﻳﻬَﺎ ﺍﻟَﺬﻳﻦَ ﺁﻣَﻨﻮﺍ ﺇﺫَﺍ ﻗُﻤﺘُﻢْ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓَﺎﻏْﺴِﻠُﻮﺍ ﻭُﺟُﻮﻫَﻜُﻢْ ﻭﺃﻳْﺪِﻳَﻜُﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟَﻤَﺮَﺍﻓِﻖِ ﻭﺍﻣْﺴَﺤُﻮﺍ ﺑِﺮُﺅُﻭﺳِﻜُﻢْ ﻭﺍَﺭﺟُﻠَﻜُﻢْ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻜَﻌﺒَﻴﻦِ " / ﺍﻟﻤﺎﺋﺪﺓ : ٦ /.
"Hai orang-orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu hingga siku dan usaplah KEPALAMU , lalu basuhlah kakimu hingga mata kaki"(Qs Al-Ma'idah :6)

 Berdasar ayat diatas, imam Syafi'i menggolongkan mengusap bagian kepala adalah sebagai rukun wudlu.

Untuk memperjelas kewajiban mengusap (sebagian) kepala ketika berwudlu, seperti dijelaskan dalam blog ustadzaris.com berikut ini:

ﺍﻟﻤﺤﻠﻰ – ‏( 2 / 52 ‏) ﺍﻟﻤﺤﻠﻰ – ‏( 2 / 53 ‏)
* ﻭﺃﻣﺎ ﻗﻮﻟﻨﺎ ﻓﻲ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺍﺧﺘﻠﻔﻮﺍ.
Manusia berselisih pendapat mengenai mengusap kepala.

ﻓﻘﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﺑﻌﻤﻮﻡ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ،
Imam Malik mengharuskan mengusap seluruh rambut kepala dalam wudhu.

ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻳﻤﺴﺢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻓﺮﺿﺎ ﻣﻘﺪﺍﺭ ﺛﻼﺙ ﺃﺻﺎﺑﻊ، ﻭﺫﻛﺮ ﻋﻨﻪ ﺗﺤﺪﻳﺪ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻣﻤﺎ ﻳﻤﺴﺢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺑﺄﻧﻪ ﺭﺑﻊ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻭﺃﻧﻪ ﺍﻥ ﻣﺴﺢ ﺭﺃﺳﻪ ﺑﺄﺻﺒﻌﻴﻦ ﺃﻭ ﺑﺄﺻﺒﻊ ﻟﻢ ﻳﺠﺰﻩ ﺫﻟﻚ، ﻓﺎﻥ ﻣﺴﺢ ﺑﺜﻼﺙ ﺃﺻﺎﺑﻊ ﺃﺟﺰﺃﻩ ،

Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah usapan kepala yang wajib adalah sekedar usapan dengan menggunakan tiga jari. Disebutkan dari Abu Hanifah bahwa batasan minimal yang diusap ketika mengusap kepala adalah seperempat bagian dari rambut kepala dan jika seorang itu mengusap kepalanya hanya dengan menggunakan dua jari atau satu jari maka usapannya tersebut tidak sah. Namun jika menggunakan tiga jari maka sah.

ﻭﻗﺎﻝ ﺳﻔﻴﺎﻥ ﺍﻟﺜﻮﺭﻱ : ﻳﺠﺰﺉ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻣﺴﺢ ﺑﻌﻀﻪ ﻭﻟﻮ ﺷﻌﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ، ﻭﻳﺠﺰﺉ ﻣﺴﺤﻪ ﺑﺎﺻﺒﻊ ﻭﺑﺒﻌﺾ ﺃﺻﺒﻊ ،

Sedangkan Sufyan ats Tsauri berpendapat bahwa mengusap sebagian kepala itu sah meski hanya satu helai rambut saja. Demikian pula sah hukumnya mengusap dengan hanya menggunakan satu jari ataupun kurang dari satu jari.

ﻭﺣﺪ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻣﺎ ﻳﺠﺰﺉ ﻣﻦ ﻣﺴﺢ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﺑﺸﻌﺮﺗﻴﻦ، ﻭﻳﺠﺰﺉ ﺑﺄﺻﺒﻊ ﻭﺑﺒﻌﺾ ﺃﺻﺒﻊ ﻭﺃﺣﺐ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺍﻟﻌﻤﻮﻡ ﺑﺜﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ،

Sedangkan batasan minimal usapan kepala yang ditetapkan oleh Syafiiyyah adalah dua helai rambut kepala dan sah hukumnya mengusap kepala hanya dengan menggunakan satu jari atau pun kurang dari satu jari. Akan tetapi yang lebih disukai oleh Imam Syafii adalah mengusap seluruh kepala sebanyak tiga kali.

ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﻳﺠﺰﺉ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﻥ ﺗﻤﺴﺢ ﺑﻤﻘﺪﻡ ﺭﺃﺳﻬﺎ

Adapun Imam Ahmad, beliau berpendapat bahwa sah hukumnya bagi wanita jika dia hanya mengusap bagian depan kepalanya saja.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻻﻭﺯﺍﻋﻲ ﻭﺍﻟﻠﻴﺚ : ﻳﺠﺰﺉ ﻣﺴﺢ ﻣﻘﺪﻡ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻓﻘﻂ ﻭﻣﺴﺢ ﺑﻌﻀﻪ ﻛﺬﻟﻚ ،

Sedangkan Auzai dan al Laits berpendapat sahnya mengusap hanya bagian depan kepala atau pun mengusap sebagian kepala saja.

ﻭﻗﺎﻝ ﺩﺍﻭﺩ : ﻳﺠﺰﺉ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻣﺎ ﻭﻗﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﺳﻢ ﻣﺴﺢ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺑﻤﺎ ﻣﺴﺢ ﻣﻦ ﺃﺻﺒﻊ ﺃﻭ ﺃﻗﻞ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻭﺃﺣﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻌﻤﻮﻡ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ،

Sedangkan Daud azh Zhahiri berpendapat bahwa minimal usapan kepala yang sah adalah yang bisa disebut usapan baik yang alat yang digunakan untuk mengusap adalah satu jari atau kurang dari satu jari ataupun lebih dari satu jari (yang penting asalkan masih bisa disebut mengusap, pent).

ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻻﻗﺘﺼﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﻘﻮﻝ ‏( ﻭﺍﻣﺴﺤﻮﺍ ﺑﺮﺀﻭﺳﻜﻢ )

Dalil bolehnya mengusap sebagian rambut kepala adalah firman Allah yang artinya, “Dan usaplah kepalamu”.

ﻭﺍﻟﻤﺴﺢ ﻓﻲ ﺍﻟﻠﻐﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻧﺰﻝ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻫﻮ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺑﻼ ﺧﻼﻑ ،

Dalam bahasa Arab yang merupakan bahasa al Qur’an ‘mengusap’ itu berbeda pengertiannya dengan ‘membasuh’. Ini adalah satu hal yang tidak diperselisihkan.

ﻭﺍﻟﻐﺴﻞ ﻳﻘﺘﻀﻰ ﺍﻻﺳﺘﻴﻌﺎﺏ، ﻭﺍﻟﻤﺴﺢ ﻻ ﻳﻘﺘﻀﻴﻪ *

‘Membasuh’ itu harus bersifat menyeluruh. Sedangkan ‘usapan’ itu tidak harus menyeluruh.



Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa mengusap sebagian kepala ketika wudlu adalah bagian dari rukun wudlu yang tidak boleh ditinggalkan, bukan sunnah seperti yang dilontarkan oleh Khalid Basalamah dalam video tersebut.

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: