Amien Memukul Air, Terpercik Muka Sendiri

Erhaje88

Seminggu lalu Amien Rais menuduh bahwa Jokowi ngibul dalam pembagian sertifikat tanah. Baru kemarin Jokowi secara tak langsung menjawab tuduhan tersebut. Ketimpangan pemilikan lahan telah terjadi sebelum pemerintahannya. Salah satunya, bagi-bagi lahan itu terjadi era Menhut Zulkifli Hasan, besan Amien Rais. Nah, siapa yang terpukul?

(Sumber gambar: poskotanews.com)

Di Indonesia ini, punya tanah belum tentu punya sertifikatnya. Sebab pengurusannya lama dan berbelit-belit, dan perlu banyak duit. Baru di era Jokowi kepastian hukum atas tanah rakyat dikebut. Tahun 2017 sebanyak 5,3 juta sertifikat, Pada 2018, pembagian sertifikat tanah naik menjadi 7 juta, dan kemudian menjadi 9 juta sertifikat tanah pada 2019.

Ketika Jokowi rajin bagi-bagi sertifikat untuk rakyat, ternyata dinyinyiri juga oleh bapak reformasi itu. Katanya, itu semua hanya pengibulan, karena 74 % tanah di Indonesia masih dikuasai asing. Hanafi Rais melengkapi nyinyiran sang ayah mengatakan, itu berdasarkan data Bank Dunia 2015.

Membantah statemen bapak-anak, Menteri Agraria/Kepala BPN Sofyan Djalil bilang, tak ada penguasaan lahan oleh asing. Meskipun banyak kebun sawit yang produksinya dikelola oleh asing, namun penguasaan lahannya tetap milik Indonesia 100%. Mereka pun hanya pegang surat HGU (Hak Guna Usaha) bukan SHM.

Secara tak langsung Presiden Jokowi kemarin juga menjawab nyinyiran Amien Rais. Katanya, ketimpangan penguasaan lahan memang terjadi. Tapi itu terjadi pada pemerintahan sebelumnya.
Hasil studi LSM Greenomics Indonesia menyebutkan, Zulkifli Hasan saat menjadi Menhut (2009-2014) paling banyak memberikan izin perkebunan kepada pelaku bisnis tertentu, dengan luas 1,64 juta hektar, atau hampir 25 kali lipat luas DKI Jakarta. Izin-izin perkebunan tersebut setara dengan hampir 70 persen dari total luas izin perkebunan yang telah diberikan kepada para pebisnis selama periode 2004-2017.

Lalu siapa gerangan Zulkifli Hasan ini? Dia adalah politisi PAN yang sekarang Ketua MPR, sekaligus juga besan Amien Rais itu sendiri. Maka nyinyiran itu sama saja mengingatkan kita pada pepatah lama: memukul air didulang terpercik muka sendiri. -gunarso ts

[poskotanews.com]

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: