Kuliah Jurusan Ekonomi atau Bisnis Masih Cari Kerja? pikirkan Lagi.....

Erhaje88

Oleh: Abdillah Hadi Wijaya


Dari setiap mata kuliah yang diajarkan di perkuliahan bisnis, hampir semuanya mengajarkan kita untuk memperkaya perusahaan orang lain namun tidak memperkaya diri kita sendiri.

Saat ini, memang tidak bisa dipungkiri bahwa bangku kuliah masih memegang kental ilmu dan teori-teori bisnis yang tidak relevan dengan jaman sekarang. Hampir tidak ada praktek bisnis yang nyata, sekalipun ada, prakteknya bertentangan dengan prinsip kewirausahaan.

Contohnya, mahasiswa diajarkan membuat business plan. Setelah selesai, baru mahasiswa meminta dana pada lembaga. Kalau dikasih? syukur-syukur bisa jalan bisnisnya. Kalau nggak? mungkin nggak jalan tuh bisnis.



Padahal prinsip kewirausahaan adalah memanfaatkan apa yang kita punya. Kita harus memberi dulu apa yang kita punya baru menerima apa yang kita inginkan, tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah, bukan?

Di Indonesia, Kewirusahaan masih dipandang dalam arti sempit yaitu "Dagang"
"kalau kamu dagang, kamu udh jadi wirausahawan". Padahal pengertian kewirausahaan yang lebih jauh lagi adalah "Value" atau nilai-nilai yang dikandungnya.

Nilai kewirausahaan lebih banyak ditekankan pada kecerdasan otak kanan, kemampuan berpikir kritis, pengelolaan emosi, sikap mental, pantang menyerah, pekerja keras, persistensi dan konsistensi, dsb.

Nilai-nilai inilah yang jarang sekali diajarkan di bangku kuliah. Padahal ini adalah pondasi untuk berwirausaha. Mahasiswa seharusnya tidak terpukau oleh teori-teori bisnis yang tidak bisa diaplikasikan pada dunia nyata. Begitu mereka mencobanya, yang terjadi kebanyakan dari mereka mundur, bahkan sebelum mencapai impian mereka.

Dari pengalaman pahit tersebut, mahasiswa menjadi takut berwirausaha dan memilih untuk bekerja, sekalipun dia berasal dari jurusan bisnis. Sungguh sangat miris jika berkuliah di jurusan bisnis tapi memilih untuk bekerja di bisnis orang lain.

Coba lihat sekeliling kita, mungkin ada beberapa teman kita yang memilih berwirausaha sambil kuliah. Mereka adalah orang-orang yang mandiri. Jangan remehkan mereka, mungkin suatu hari nanti mereka menjadi pebisnis besar, dan orang yang meremehkan hanya menjadi karyawannya. Ini sudah terbukti, bapak milyarder Bill Gates contohnya.
Selengkapnya disini

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: