Empat Hal Cara Kuat Jima' Menurut Imam Syafi'i

Erhaje88

Oleh: Robert Azmi

Lama nggak buka Kitab Hayatul Hayawannya Imam Kamaaluddin adDaamiri (W. 808 H.). Eeeee sekali mbuka ada keterangan asyik, mungkin bagi yang faham ilmu kedokteran atau lainnya bisa mengkoreksi apakah keterangan yg diusung Imamuna asSyaafi’i dan Imam Quzwayni dibawah ini sesuai dengan ilmu medis?. Dan semoga terjemah untung-untungan ini benar Aminnn,,, (Teks kitab bisa dilihat di foto)



Faidah:
“Imam Syafi’i Rahimahullahu Ta’ala berkata:
- Empat hal yg bisa menambah kekuatan Jima’/berhubungan badan: 
1. Makan ‘Aa-shaafir (Sejenis burung pipit/emprit/gelatik, cek gambar), 



2. Makan Athriifil besar (Sejenis tumbuh-tumbuhan centarium, nama latin Menyanthes trifoliata, hadeeehh sulitnya mengucapkannya, cek mbak wiki dan gambar),


3. Makan Fustuq (Kacang arab, silahkan cek gambar),



4. Dan makan Al Juuz (Buah lada/sejenis buah yg berkulit keras dan berdaging: Kamus Munawwir. Atau cek foto dari mbah google).




- Empat hal yg bisa menambah akal/kecerdasan:
1. Tidak terlalu banyak bicara,
2. Memakai siwak,
3. Duduk dengan orang2 Shalih,
4. Mengamalkan ilmu.

- Empat hal yang bisa menguatkan badan:
1. Makan daging,
2. Membaui/mengendus wewangian,
3. Banyak mandi tanpa jima’,
4. Memakai Kattan (Kain linen, cek gambar).

- Dan empat hal yg melemahkan badan dan menjadikan sakit badan:
1. Terlalu banyak/berlebihan jima’!!.
2. Terlalu sering susah,
3. Kasratu Syurbil Ma’ ‘alarriyq, terjemah bebasnya: Banyak minum air atas air liur. Apakah yg dikehendaki: Terlalu banyak menelan ludah atau lainnya?, Wallahu A’lam.
4. Terlalu banyak makan Khamuudlah (Makanan yg kecut:Jawa. /Makanan yg masam)”.

Faidah lain: “Imam Quzwayni berkata: Barang siapa yg terlalu banyak jima’ dan menjadikannya kebiasaan, maka akan menyebabkan/mewariskan gatal-gatal dibadannya, melemahkan kekuatan dan penglihatannya, tidak merasakan nikmatnya jima, serta menyebabkan cepat beruban.

Barangsiapa yg menahan kencing dan berak. Tidak bergegas ketika kebelet, maka kencingnya akan lemah, kulitnya akan terasa tebal, menyebabkan kencing terasa panas, adanya kerikil, batu (Sejenis batu ginjal, atau kencing batu) dan melemahkan penglihatan.

Barangsiapa yg sering menggosok kedua kakinya dengan Nukhaalah (Dedak, kulit padi, sekam, antah: Kamus Munawwir. Atau cek gambar) dan garam, maka matanya akan tajam dan disembuhkan dari kelemahannya.

Dan barangsiapa yg meludah pada air seninya, serta membiasakannya, maka akan selamat dari sakit Sulbi/Tulang punggung (Entah ini sesuai dengan terjemah saya baca atau tidak, sbb seingat saya, dalam kitab lain, ketika kita dalam keadaan buang BAB malah dianjurkan untuk tidak meludah, Wallahu A’lam)”.

****

NB. Takaran berapa banyak dan berapa sedikitnya keterangan diatas, tetap konsultasikan pada Ahlinya. Saya hanya nerjemah dan melakukan yang kayaknya setelah mencoba, membuat enteng tubuh. Yaah kira-kira mengikuti dawuh Nabi yang Khairul Umur Awsathuha/Sebaik-baiknya perkara adalah yg tengah2. Yaahh sedang-sedanglah,,, hehe,,,

Oke,, selamat bekerja dan berkarya, semoga hari ini kita bisa menjadi lebih baik dan berkah, ples mendapat Ridlonya. Amiiinnn....

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: