Asal Mula Kata Kriminalisasi

Erhaje88

Saya tidak tahu siapa yang pertama kali menggunakan istilah kata "kriminalisasi". Tiba-tiba kata ini demikian populer dan masyhur.
Pada mulanya kriminalisasi dimaksudkan sebagai upaya mengkriminalkan orang yang tidak bersalah menjadi bersalah. Dengan demikian, mengkriminalkan pelaku kriminal bukan kriminalisasi.


Tapi belakangan kata kriminalisasi sudah menjauh dari makna asalnya. Sejumlah "ustadz" yang ceramahnya mengandung fitnah dan ujaran kebencian menolak dipersalahkan. Mungkin mereka menyangka fitnah dan ujaran kebencian sebagai "kebaikan". Bah!

Senin, 22 Januari 2018
Salam,
Abdul Moqsith Ghazali

-Irawan Saptono:

"Pertama saya dengar dari Mulyana W. Kusumah dari YLBHI zaman saya masih kuliah di FH UKSW Salatiga dan sering main ke YLBHI. Kriminalisasi dulu dipakai untuk menyebut pemidanaan para aktifis mahasiswa. Mulyana juga mencetuskan istilah victimisasi victim untuk menggambarkan korban yang dikorbankan untuk melindungi pelaku."

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Pesan Tiket Langsung di Tiket.com: