Hukum Pipa Rokok Dari Gading Gajah

Erhaje88

Pertanyaan:
Assalamu'laikum, Pak Ustadz..
Mohon dibantu mengurai kebimbangan saya. Ini asli pipa gading Gajah, apakah Gading gajah ini termasuk kategori bangkai yang najis, dan apakah haram untuk digunakan merokok? Untuk jawabannya, saya ucapkan terimakasih (Kak Totok Ashter)



Jawab:

Anisa Imasna:


PIPA ROKOK DARI GADING GAJAH

Bagaimana hukum menggunakan pipa rokok yang terbuat dari gading gajah?
Jawab: Hukumnya makruh, jika tulang tersebut dalam keadaan kering. Namun bila basah, maka haram. Menurut Abu Hanîfah tulang atau gading gajah hukumnya suci.

Referensi:

 ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺍﻟﺠﺰﺀ 1 ﺻﺤـ : 83 ﻣﻜﺘﺒﺔ ﻣﻄﺒﻌﺔ ﺍﻟﻤﻨﻴﺮﻳﺔ
ﻭَﺳَﻴَﺄْﺗِﻲْ ﻛَﻼﻡُ ﺍْﻷَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺇﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻓِﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴْﻞِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺲِ ﻭَﻻ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻭَﻣِﻤَّﻦْ ﺻَﺮَّﺡَ ﻓِﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴْﻞِ ﺑِﻜَﺮَﺍﻫَﺔِ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺲِ ﻭَﺗَﺤْﺮِﻳْﻤِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃْﺐِ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦُ ﻧَﺼْﺮٌ ﻓَﺪَﻝَّ ﺃَﻥَّ ﻣُﺮَﺍﺩَﻩُ ﻫُﻨَﺎ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃْﺐِ ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪَﺭِﻱِّ ﻻ ﻳَﺠُﻮﺯُ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪِّﺑَﺎﻍِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺴَﺎﺕِ ﻋِﻨْﺪَﻧَﺎ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﺃَﻛْﺜَﺮِ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ﻓَﻐَﻠَﻂٌ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﺻَﻮَﺍﺑُﻪُ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮﻝَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃَﺒَﺎﺕِ ﺍﻫـ
 ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺍﻟﺠﺰﺀ 1 ﺻﺤـ : 100 ﻣﻜﺘﺒﺔ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﻔﻜﺮ
‏( ﻭَﻋَﻈْﻢُ ‏) ﺍﻟْﺤَﻴَﻮَﺍﻧَﺎﺕِ ‏( ﺍﻟْﻤَﻴِّﺘَﺔِ ﻭَﺷَﻌْﺮُﻫَﺎ ‏) ﻭَﻗَﺮْﻧُﻬَﺎ ﻭَﻇُﻔْﺮُﻫَﺎ ﻭَﻇِﻠْﻔُﻬَﺎ ‏( ﻧَﺠِﺲٌ ‏) ﻟِﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ } ﺣُﺮِّﻣَﺖْ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟْﻤَﻴْﺘَﺔُ ﻭَﺍﻟﺪَّﻡُ { ﻗَﻮْﻟُﻪُ ‏( ﻭَﻗَﺮْﻧُﻬَﺎ ‏) ﻭَﻛَﺬَﺍ ﺳِﻨُّﻬَﺎ ﻭَﺣَﺎﻓِﺮُﻫَﺎ ﻭَﻗَﺪْ ﻳَﺸْﻤَﻞُ ﺟَﻤِﻴﻊَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻌَﻈْﻢُ ﻭَﺣِﻴﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻴَﻜُﻮْﻥُ ﻣِﻦْ ﻋَﻄْﻒِ ﺍﻟْﺠُﺰْﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻠِّﻪِ ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻟَﺒَﻨُﻬَﺎ ﻭَﺑَﻴْﻀُﻬَﺎ ﺇﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﺼَﻠَّﺐْ ﻭَﻣِﺴْﻜُﻬَﺎ ﺇﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﻬَﻴَّﺄْ ﻟِﻠْﻮُﻗُﻮْﻉِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴﻔَﺔَ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼُّﻮْﻑِ ﻭَﺍﻟْﻮَﺑَﺮِ ﺯَﺍﺩَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴﻔَﺔَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟْﻘَﺮْﻥِ ﻭَﺍﻟﺴِّﻦِّ ﻭَﺍﻟْﻌَﻈْﻢِ ﻭَﺍﻟﺮِّﻳْﺶِ ﺇﺫْ ﻻَ ﺭُﻭْﺡَ ﻓِﻴﻪِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎﻟِﻚٌ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼُّﻮْﻑِ ﻭَﺍﻟْﻮَﺑَﺮِ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﻛَﺎﻥَ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻟَﺤْﻤُﻪُ ﻛَﺎﻟﻨَّﻌَﻢِ ﺃَﻭْ ﻻَ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻛَﺎﻟْﻜَﻠْﺐِ ﻭَﺍﻟْﺤِﻤَﺎﺭِ ﺍﻫـ ﺷَﻌْﺮَﺍﻧِﻲٌّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤِﻴﺰَﺍﻥِ ﺍﻫـ

ﻓﺮﻉ ‏) ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭ ﺃﻥ ﻋﻈﻢ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻧﺠﺲ ﺳﻮﺍﺀ ﺃﺧﺬ ﻣﻨﻪ ﺑﻌﺪ ﺫﻛﺎﺗﻪ ﺃﻭ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻪ ﻭﻟﻨﺎ ﻭﺟﻪ ﺷﺎﺫ ﺃﻥ ﻋﻈﺎﻡ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻃﺎﻫﺮﺓ ﻭﺳﺒﻖ ﺑﻴﺎﻧﻪ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﺍﻵﻧﻴﺔ ﻭﺳﺒﻖ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﺍﻻﻃﻌﻤﺔ ﻭﺟﻪ ﺷﺎﺫ ﺃﻥ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻳﺆﻛﻞ ﻟﺤﻤﻪ ﻓﻌﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﺇﺫﺍ ﺫﻛﻰ ﻛﺎﻥ ﻋﻈﻤﻪ ﻃﺎﻫﺮﺍ ﻭﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻧﺠﺎﺳﺘﻪ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻻ ﻳﺤﻞ ﺛﻤﻨﻪ ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻗﺎﻝ ﻃﺎﻭﻭﺱ ﻭﻋﻄﺎﺀ ﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﺭﺑﺎﺡ ﻭﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﻭﻣﺎﻟﻚ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻭﺭﺧﺺ ﻓﻴﻪ ﻋﺮﻭﺓ ﺑﻦ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﻭﺍﺑﻦ ﺳﺮﻳﺞ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻣﺬﻫﺐ ﻣﻦ ﺣﺮﻡ ﻫﻮ ﺍﻻﺻﺢ

"Majmu' syarh al muhadzab juz 9 shohf 230:
Mayoritas Ulama’ kalangan madzhab Syafi’i menyatakan bahwa sesungguhnya tulang gajah adalah najis baik diambil setelah melalui proses penyembelihan atau tidak. Imam Nawawi juga menyebutkan bahwa terdapat qaul yang menyatakan bahwa tulang bangkai adalah suci juga terdapat qaul yang menyatakan bahwa gajah adalah hewan yang halal dikonsumsi. Jika gajah mati melalui proses penyembelihan secara syar’i, maka tulangnya adalah suci . Namun pendapat ini merupakan pendapat yang menyimpang (syadz)"

( ﻗﺎﻝ ‏) ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺘَﻮَﺿَّﺄُ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺸْﺮَﺏُ ﻓﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﻣَﻴْﺘَﺔٍ ﻭَﻟَﺎ ﻋَﻈْﻢِ ﺫَﻛِﻲٍّ ﻟَﺎ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻟَﺤْﻤُﻪُ ﻣِﺜْﻞِ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴﻞِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺳَﺪِ ﻭﻣﺎ ﺃَﺷْﺒَﻬَﻪُ ﻟِﺄَﻥَّ ﺍﻟﺪِّﺑَﺎﻍَ ﻭَﺍﻟْﻐُﺴْﻞَ ﻟَﺎ ﻳُﻄَﻬِّﺮَﺍﻥِ ﺍﻟْﻌَﻈْﻢَ ﺭَﻭَﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑﻦ ﺩِﻳﻨَﺎﺭٍ ﺃَﻧَّﻪُ ﺳﻤﻊ ﺑﻦ ﻋُﻤَﺮَ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﺃَﻥْ ﻳُﺪَﻫَّﻦَ ﻓﻲ ﻣُﺪْﻫُﻦٍ ﻣﻦ ﻋِﻈَﺎﻡِ ﺍﻟْﻔِﻴﻞِ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻣَﻴْﺘَﺔٌ

"Al umm juz 1 shohf 9:
tidak diperkenankan berwudlu’ dan minum dengan menggunakan tulang bangkai dan tulang hewan yang disembelih yakni hewan yang haram dikonsumsi dagingnya seperti tulang gajah, harimau dan sejenisnya. Sebab tulang hewan tidak dapat disucikan dengan dibasuh atau dengan proses penyamaan.
Menurut Imam abu Hanifah tanduk, gigi, tulang dan bulu hukumnya suci karena karena tidak memiliki ruh. Bahkan menurut imam Malik suci entah hewan yang boleh di makan atau tidak boleh."

Lanjutan...

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺤﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ١ / ١٠٠
‏( ﻭَﻋَﻈْﻢُ ‏) ﺍﻟْﺤَﻴَﻮَﺍﻧَﺎﺕِ ‏( ﺍﻟْﻤَﻴِّﺘَﺔِ ﻭَﺷَﻌْﺮُﻫَﺎ ‏) ﻭَﻗَﺮْﻧُﻬَﺎ ﻭَﻇُﻔْﺮُﻫَﺎ ﻭَﻇِﻠْﻔُﻬَﺎ ‏( ﻧَﺠِﺲٌ ‏) ﻟِﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ } ﺣُﺮِّﻣَﺖْ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟْﻤَﻴْﺘَﺔُ ﻭَﺍﻟﺪَّﻡُ { ﻗَﻮْﻟُﻪُ ‏( ﻭَﻗَﺮْﻧُﻬَﺎ ‏) ﻭَﻛَﺬَﺍ ﺳِﻨُّﻬَﺎ ﻭَﺣَﺎﻓِﺮُﻫَﺎ ﻭَﻗَﺪْ ﻳَﺸْﻤَﻞُ ﺟَﻤِﻴﻊَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻌَﻈْﻢُ ﻭَﺣِﻴﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻴَﻜُﻮْﻥُ ﻣِﻦْ ﻋَﻄْﻒِ ﺍﻟْﺠُﺰْﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻠِّﻪِ ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻟَﺒَﻨُﻬَﺎ ﻭَﺑَﻴْﻀُﻬَﺎ ﺇﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﺼَﻠَّﺐْ ﻭَﻣِﺴْﻜُﻬَﺎ ﺇﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﻬَﻴَّﺄْ ﻟِﻠْﻮُﻗُﻮْﻉِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴﻔَﺔَ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼُّﻮْﻑِ ﻭَﺍﻟْﻮَﺑَﺮِ ﺯَﺍﺩَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴﻔَﺔَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟْﻘَﺮْﻥِ ﻭَﺍﻟﺴِّﻦِّ ﻭَﺍﻟْﻌَﻈْﻢِ ﻭَﺍﻟﺮِّﻳْﺶِ ﺇﺫْ ﻻَ ﺭُﻭْﺡَ ﻓِﻴﻪِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎﻟِﻚٌ ﺑِﻄَﻬَﺎﺭَﺓِ ﺍﻟﺸَّﻌْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼُّﻮْﻑِ ﻭَﺍﻟْﻮَﺑَﺮِ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﻛَﺎﻥَ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻟَﺤْﻤُﻪُ ﻛَﺎﻟﻨَّﻌَﻢِ ﺃَﻭْ ﻻَ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻛَﺎﻟْﻜَﻠْﺐِ ﻭَﺍﻟْﺤِﻤَﺎﺭِ ﺍﻫـ ﺷَﻌْﺮَﺍﻧِﻲٌّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤِﻴﺰَﺍﻥِ ﺍﻫـ
ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ
ﻭَﺳَﻴَﺄْﺗِﻲْ ﻛَﻼﻡُ ﺍْﻷَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺇﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻓِﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴْﻞِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺲِ ﻭَﻻ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻭَﻣِﻤَّﻦْ ﺻَﺮَّﺡَ ﻓِﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴْﻞِ ﺑِﻜَﺮَﺍﻫَﺔِ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺲِ ﻭَﺗَﺤْﺮِﻳْﻤِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃْﺐِ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦُ ﻧَﺼْﺮٌ ﻓَﺪَﻝَّ ﺃَﻥَّ ﻣُﺮَﺍﺩَﻩُ ﻫُﻨَﺎ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃْﺐِ ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪَﺭِﻱِّ ﻻ ﻳَﺠُﻮﺯُ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪِّﺑَﺎﻍِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺴَﺎﺕِ ﻋِﻨْﺪَﻧَﺎ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﺃَﻛْﺜَﺮِ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ﻓَﻐَﻠَﻂٌ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﺻَﻮَﺍﺑُﻪُ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮﻝَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻃَﺒَﺎﺕِ ﺍﻫـ

Kesimpulan:

Mayoritas Ulama’ kalangan madzhab Syafi’i menyatakan bahwa sesungguhnya tulang gajah adalah najis baik diambil setelah melalui proses penyembelihan atau tidak
Dr sini dapat ditarik kesimpulan hukum memakai pipa roko dr gading gajah tidak boleh.

- kitab majmu' (1/ 298-299)
؛ ‏( ﻓﺮﻉ ‏) ﺍﻟﻌﺎﺝ ﺍﻟﻤﺘﺨﺬ ﻣﻦ ﻋﻈﻢ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻧﺠﺲ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻛﻨﺠﺎﺳﺔ ﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻈﺎﻡ ، ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻓﻲ ﺷﻲﺀ ﺭﻃﺐ ، ﻓﺈﻥ ﺍﺳﺘﻌﻤﻞ ﻓﻴﻪ ﻧﺠﺴﻪ ، ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ : ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻓﻲ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﻴﺎﺑﺴﺔ ﻟﻤﺒﺎﺷﺮﺓ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ، ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ; ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺘﻨﺠﺲ ﺑﻪ ،

Cabang (sub bahasan):

Gading yang diambil dari tulang gajah itu najis menurut kita, sebagaimana najisnya tulang-tulang yang lain.
Tidak diperbolehkan menggunakannya dalam perkara yang basah.
Apabila digunakan pada perkara yang basah maka gading itu akan menajiskannya.
Ashab kita berkata: dan dimakruhkan menggunakannya pada perkara yang kering karena bersinggungan/
bersentuhan dengan perkara yang najis, dan hal itu tidaklah haram. Karena benda yang kering tidak menjadi najis sebab gading itu.

ﻭﻟﻮ ﺍﺗﺨﺬ ﻣﺸﻄﺎ ﻣﻦ ﻋﻈﻢ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻓﺎﺳﺘﻌﻤﻠﻪ ﻓﻲ ﺭﺃﺳﻪ ﺃﻭ ﻟﺤﻴﺘﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺭﻃﻮﺑﺔ ﻣﻦ ﺃﺣﺪ ﺍﻟﺠﺎﻧﺒﻴﻦ ﺗﻨﺠﺲ ﺷﻌﺮﻩ ، ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ، ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭ ﻟﻸﺻﺤﺎﺏ .

Ketika sebuah sisir terbuat dari tulang gajah, dan digunakan untuk (menyisir rambut) kepala atau jenggot seseorang, maka apabila salah satunya basah (gadingnya atau rambut/jenggot) maka rambut/bulu itu menjadi najis.
Jika tidak maka tidak. Namun demikian itu (dua-duanya kering) makruh menggunakannya. Dan tidak haram. Pernyataan ini yang masyhur dikalangan ashab syafii.

ﻭﺭﺃﻳﺖ ﻓﻲ ﻧﺴﺨﺔ ﻣﻦ ﺗﻌﻠﻴﻖ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﺣﺎﻣﺪﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ : ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺤﺮﻡ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻏﺮﻳﺐ ﺿﻌﻴﻒ .

dan saya (Imam Nawawi) melihat dalam satu naskah dari catatan kaki syaikh abi hamid al-ishfiroyyini menyatakan: sebaiknya diharamkan. hal ini adalah pendapat yang asing dan lemah. (PISS KTB)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018