Surat Terbuka Dari Umat Hindu Untuk Eggy Sudjana

Oleh: Putu Wiratnaya

Kepada Yth. Bapak Dr. Eggi Sudjana, S.H, M.Si (Bang Eggi)
Dalam video anda yang telah tersebar luas dimedia sosial, anda mengatakan bahwa selain Agama Islam (termasuk didalamnya agama Hindu) wajib untuk dibubarkan (jika Perppu No 2 Tahun 2017 disahkan) karena bertentangan dengan Pancasila yaitu Sila Pertama dan juga Sila Ketiga.
Sebagai pemeluk Agama Hindu, saya salah satu orang yang merasa tersinggung dengan pernyataan anda. Secara pribadi saya tidak akan melaporkan anda atas tuduhan ujaran kebencian, tapi saya akan coba menjelaskan kepada anda bahwa pernyataan anda itu sangatlah keliru.


Yang pertama, Hindu mengenal adanya Panca Sradha yaitu lima keyakinan agama Hindu:

1. Percaya terhadap adanya Brahman/Tuhan
2. Percaya terhadap adanya Atman
3. Percaya terhadap adanya Hukum Karmaphala
4. Percaya terhadap adanya Punarbhawa/Reinkarnasi
5. Percaya terhadap adanya Moksa.
Point pertama dijelaskan bahwa Hindu meyakini adanya Tuhan.

Kedua, Hindu mengenal adanya Tri Hita Karana yaitu tiga penyebab kebahagiaan atau kesejahteraan yang bersumber pada hubungan harmonis antara:
1. Manusia dengan Tuhan
2. Manusia dengan manusia
3. Manusia dengan alam lingkungan

Kembali lagi dijelaskan bahwa agama Hindu meyakini kebahagiaan/kesejahteraan itu bersumber dari hubungan harmonis antara manusia dan Tuhan.

Pada pernyataan selanjutnya anda mengatakan bahwa hanya Islam yang mengajarkan Agamamu adalah Agamamu, Agamaku adalah Agamaku (Lakum Diinukum Wa Liya Diin). Pernyataan ini juga keliru tetapi tidak sepenuhnya keliru. Saya mempercayai Agama Islam mengajarkan demikian seperti yang anda sampaikan. Tapi anda juga perlu ketahui bahwa dalam Agama Hindu dikenal Tat Twam Asi yang artinya saya adalah kamu, kamu adalah saya.

Jadi dengan dasar itu saya akan pastikan bahwa Hindu tidak bertentangan dengan sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia sehingga anda tidak perlu takut dengan perpecahan yang dsebabkan oleh Agama Hindu.
Namun demikian, dari banyaknya pernyataan anda yang keliru ada satu pernyataan yang saya percaya yaitu saat anda mengatakan "pengetahuan saya mungkin terbatas". Saya sangatlah sepakat dengan pernyataan anda ini. Karena anda sadar memiliki pengetahuan terbatas, sebaiknya anda tidak menjelaskan secara berlebihan sesuatu yang tidak anda pahami apalagi yang berkaitan dengan keyakinan.

Alangkah lebih baiknya jika kita sesama umat beragama agar mengajarkan cinta kasih, kedamaian, keindahan dan hal positif lainnya. Karena semua agama mengajarkan demikian.
Sekian pesan saya untuk Bang Eggi. Salam hormat abang
#SatyamEvaJayate

Berikut Videonya dibawah ini:

0 Response to "Surat Terbuka Dari Umat Hindu Untuk Eggy Sudjana"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel