Lima Petuah Sunan Gunung Jati Yang Jadi Dasar Negara

Erhaje88

Sunan Gunung Jati, salah satu dari wali songo di Cirebon ini sukses menyebarkan ajaran Islam yang berbudaya lokal, sehingga membuatnya banyak disegani. Bahkan, kepergian Sunan Gunung Jati tak hanya meninggalkan bangunan fisik dan tradisi saja. Semasa hidupnya, Sunan Gunung Jati meninggalkan sejumlah petatah-petitih atau nasehat serta pedoman hidup yang baik untuk sosial masyarakat di Cirebon.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat mengatakan, ada 42 petatah-petitih Sunan Gunung Jati yang menjadi pedoman hidup masyarakat Cirebon. Dari 42 petatah-petitih tersebut, menurutnya, lima di antaranya masih dianggap relevan untuk dijadikan pedoman dalam melakukan hubungan sosial masyarakat di Indonesia saat ini. Semua petatah-petitih Sunan Gunung Jati diambil dari Al-quran dan Hadits. Disesuaikan dengan kebiasaan yang dilihat pada situasi dan kondisi masyarakat saat itu, lima petatah-petitih yang dianggap relevan tersebut juga tertuang dalam butir-butir Pancasila.

Lima petatah-petitih yang masih relevan, pertama, Wedia Ning Allah atau Takutlah Kepada Allah. Dalam Pancasila, petatah-petitih yang pertama ini masuk dalam sila Ketuhanan yang Maha Esa. Kedua, yakni Gegunem Sifat Kang Pinuji atau Hendaklah Menyayangi Sesama Manusia. Petatah-petitih yang ke dua ini masuk dalam sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
Ketiga adalah Den Welas Asih Ing Sapapada atau Hendaklah Menyayangi Sesama Manusia. Petatah-petitih ke tiga ini masuk dalam sila Persatuan Indonesia.
Keempat ialah Angadahna Ing Pepadu atau Jauhi Pertengkaran. Di butir Pancasila, petatah-petitih ini masuk ke dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.
Sementara pada petatah-petitih ke lima, yakni Amapesa Ing Bina Batan yang berarti Jangan Serakah atau Berangasan dalam Hidup. Petatah-petitih yang terakhir tersebut masuk dalam sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Masing-masing petatah-petitih Sunan Gunung Jati ada beberapa kategori. Pertama tentang agama Islam, kedua tentang akhlak dan ketiga tentang bagaimana makhluk sosial hidup dan bersosialisasi, keempat tentang kedisiplinan.
(merahputih.com)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018