Foto Jenazah Dililit Ular Besar Dipastikan Hoax!

Erhaje88

Umat Islam memang dituntut untuk selalu mengambil i'tibar dalam setiap hal, termasuk juga mengambil pelajaran pada kematian. Sebab kematian adalah nasehat bagi umat manusia.

Dengan mengingat mati, maka manusia diharapkan bisa mempersiapkan diri dan mengumpulkan bekal berupa amal-amal shalih untuk menghadapi kematian. Tidak ada yang tahu akhir dari hidup seseorang, apakah berakhir dengan Husnul Khotimah ataukah Su'ul Khotimah.

Menasehati orang lain agar mengingat mati dan mempersiapkan bekal menuju kepadanya merupakan salah satu perbuatan yang mulya, bagian dari dakwah yang dianjurkan didalam Islam, sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama agar kelak memperoleh nikmat yang sama, yaitu surganya Allah SWT.

Tetapi tidak semestinya ajakan, nasehat, mengingat dan mengambil pelajaran dari kematian menggunakan cara-cara yang tidak benar. Contohnya adalah gambar-gambar dibawah ini.

Dalam keterangannya yang sudah banyak beredar di media online, bahwa si mayyit tersebut terlilit ular besar sebab tidak menjalankan Shalat wajib.

Berita yang meresahkan tersebut adalah jelas hoax. Gambar gambar tesebut adalah benar adanya namun keterangannya yang tidak benar. Tahun 2014  muslimedianews.com pernah mengklarifikasi berita bohong tersebut.
Dalam klarifikasinya dikatakan bahwa foto/gambar tersebut adalah salah satu adegan film drama di Malaysia. Tepatnya film drama Tanah Kubur di episode "Kutuk Azan".

Foto yang juga tersebar dibeberapa blog dan jejaring sosial, bahkan media sekelas Tribunnews.com juga ikut menyebarkan,  itu memang cukup merisaukan. Klarifikasi mengenai foto itu dapat dilihat di situs malaysianreview  pada 26/7/2014.

Jadi berita yang beredar bahwa dikatakan sebagai "Kisah nyata seseorang yang meninggal dunia (kejadiannya di Bonoloyo, Solo) setelah dikafankan dan akan di sholatkan "tersebut adalah sebuah kebohongan besar yang diulang-ulang!!!



Saluran Astro Oasis memberikan keterangan bahwa gambar itu bagian dari adegan dalam film drama Tanah Kubur



http://www.mstar.com.my/hiburan/berita-hiburan/2014/07/25/pengurus-saluran-astro-oasis-sahkan-gambar-jenazah-dililit-ular/ http://www.myartis.com/2014/07/gambar-jenazah-dililit-ular-sah-milik.html http://carigold.com/portal/forums/showthread.php?t=523552 http://www.siakapkeli.com/2014/07/gambar-viral-mayat-dililit-ular-itu.html

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018