Anies Baswedan, Anda Pribumi?

Erhaje88

Oleh: Diar Anwar

GUBERNUR YANG LALU AHLI KERJA.
GUBERNUR SEKARANG AHLI RETORIKA


Anies , Pribumi Itu Jenis Hewan Apa?
Mendengar pidato Gubernur Anies Baswedan malam ini di Balaikota , jadi teringat masa-masa di HMI dulu. Gagasan dan pengelolaan/kekuatan Kata-kata adalah bagian seni retorika.
Masalahnya ahli/jago retorika belum tentu ahli/pandai bekerja, malahan kebanyakan tak cakap bekerja. Makanya dalam agama diingatkan dengan keras, "Orang yang hanya pandai berkata-kata , tapi tak melaksanakannya , balasannya adalah Neraka".


Satu hal yang mengejutkan , Anies masih terbawa suasana kampanye dengan menyebut tentang Pribumi dan non-pribumi, suatu istilah yang rancu dan tidak lagibrelevan untuk kota Multi-etnis Metropolitan seperti Jakarta. Pertanyaannya untuk Gubernur Anies,  apakah WNI Etnis China dan Etnis Arab itu Bukan Pribumi? Jadi siapakah yang anda maksudkan si Pribumi itu pak Gubernur?


Di Indonesia ini setidaknya ada 2 kota yang penduduknya sangat heterogen (multi-etnis) yang komposisi antar suku - antar daerah relatif berimbang. Karena itu di-kedua kota tersebut, istilah warga asli atau suku asli sulit diterapkan karena kecilnya prosentase mereka. Berhati-hatilah hai Anies dengan kata-kata anda yang menambah terbelahnya warga Jakarta, karena Jakarta adalah miniatur Indonesia, semua suku dan etnis ada di Jakarta.

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018