Akibat Bela Agama Tanpa Ilmu

Erhaje88

Oleh: Fadly Abu Zayyan

Bicara Agama Tanpa Ilmu
Semula saya mengira gambar-gambar baju dibawah ini hanyalah hoax. Karena tidaklah mungkin seseorang yang memproduksi, termasuk yang menjual tidak memperhatikan asas kehati-hatian atas hal-hal yang berkaitan dengan Agama.
Setelah penasaran, saya mencoba menelusurinya dibeberapa situs jual beli online. Ternyata bukan hanya satu dua lapak yang menjual produk ini. Bisa jadi tujuan awalnya baik, yaitu sebagai semangat dakwah. Namun celakanya terdapat sebuah penafsiran yang salah (fatal) atas kata-kata kekinian yang mengekor "Turn Back Crime" dan "Turn Back Hoax" yang artinya "Usir Kejahatan" dan "Usir Berita Bohong".

Seandainya kata-kata tersebut tertulis "Turn Back Jomblo" atau "Turn Back Mantan" tidak akan jadi masalah, karena sifatnya sebagai hiburan. Akan tetapi jika anda menulis "Turn Back Qur'an" dan "Turn Back Sunnah" siapa dan apa yang ingin anda usir?
Padahal dalam Al Qur'an sendiri, kita diwanti-wanti agar ketika bicara Agama harus dibekali Ilmu. Karena bicara Agama tanpa Ilmu, hakikatnya adalah perintah Syaithan.

"Sesungguhnya syaithan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan kepada Allah apa yang tidak kamu ketahui". (QS. 2:169)

Fenomena ini setidaknya juga mengingatkan kita ketika dulu (mungkin sampai sekarang) ada yang ribut-ribut menyalahkan kata Insya Allah dan harus diganti menjadi Inshaa Allah. Namun ketika ditanya balik apa bedanya transkripsi dengan transliterasi kok malah gelagapan. Tapi anehnya, mereka begitu fasih menafsirkan ayat-ayat Al Qur'an terutama menjelang momen-momen politik!

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018