Inilah Orang-Orang Yang Mulia Menurut Ilmu Nahwu

Erhaje88



Secara bahasa rofa' bermakna luhur/mulia. Dari sini dapat kita ambil pelajaran bahwa untuk bisa menjadi orang yang mulia kita harus bisa seperti isim yang dibaca rofa', apa saja sih? Simak tipsnya berikut ini:
  1. Mubtada (pelopor)
 Orang yang pertama melahirkan ide-ide positif kemudian diaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat sehingga berguna bagi kehidupan manusia adalah orang yang pantas mendapat derajat rofa’ (tinggi). Ada pepatah Arab mengatakan demikian: الفضل للمبتدئ وان أحسن المقتدى “Perhargaan itu hanyalah milik orang pertama memulai, walaupun orang yang datang kemudian dapat melakukannya lebih baik"

 2. Khobar (informasi) Mereka yang memiliki khobar (informasi) itulah orang yang dapat mendapat kemuliaan. Ada yang mengatakan bahwa orang yang menguasai informasi dapat menguasai dunia.

 3. Fa’il (pekerja, aktif)
Bila kita ingin menjadi orang yang dihargai, tinggi dan tidak terhina, maka hendaklah kita berbuat, bekerja dan berusaha, tidak berpangku tangan atau hanya mengharap belas kasih orang lain. Hanya orang yang aktif dan pro aktiflah (fa’il) yang membuahkan karya-karya dan amal dan menjadi terhormat di lingkungannya.

  4. Naib fa’il (mewakili tugas-tugas aktivis)
 Adalah tipe selanjutnya orang yang mendapat derajat tinggi. Sebagai contoh dalam hal ini adalah sahabat Ali ra. Beliau pernah menggantikan Rasulullah di tempat tidurnya dengan resiko yang tinggi berupa pembunuhan yang akan dilakukan para pemuda musyrikin Makkah saat Rasulullah berencana melaksanakan hijrah ke Madinah

  5. Tawabi’ Marfu’ (Mereka yang mengikuti jejak langkah orang yang mendapat derajar tinggi).

 Ilmu adalah warisan para nabi, dan siapa yang mengikuti (tabi’) langkah nabi ia akan mendapat kehormatan (rofa’).

Semoga bermanfaat
(UcwebMedia)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018