Mengenang Mbah KH Hasyim Muzadi (1944 - 2017)




Mbah KH Hasyim Muzadi wafat pada Kamis, 16 Maret 2017, sekitar pukul 06.00 WIB. Indonesia berduka, khususnya kalangan Nahdlotul Ulama sangat merasakan kehilangan tokoh pluralisme abad ini.



Mbah KH Hasyim Muzadi sebelumnya menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur, karena diduga mengalami kelelahan. Setelah tiga hari menjalani perawatan, kondisi adik mbah KH Mukhit Muzadi ini sempat pulih dan diminta beristirahat total.
Beliau memilih menjalani istirahat total di kediamannya di kompleks Ponpes Al-Hikam, Jalan Cengger Ayam, Kota Malang.

Sehari sebelum meninggal (Rabu, 15/03/2017) Presiden Joko Widodo sempat menjenguknya serta memanjatkan doa untuk kesembuhan beliau.

Ulama kelahiran Tuban, 8 Agustus 1944, ini dikenal sebagai tokoh Islam Indonesia yang nasionalis dan pluralis. Beliau pernah menjabat Ketua Umum PBNU pada 1999 dan juga mengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, Jawa Timur.

Kiprah di bidang politik, beliau pernah maju menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri pada Pemilihan Presiden 2004. Saat mendampingi Megawati di pilpres, beliau menanggalkan jabatannya sebagai Ketum PBNU. Sayangnya duet Megawati-Hasyim dikalahkan oleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla. Kemudian beliau terpilih lagi menjadi Ketua umum PBNU periode 2004-2009.

Jabatan terakhir yang disandang mbah KH Hasyim Muzadi adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2015-2019. Beliau dilantik Presiden Joko Widodo sebagai anggota Wantimpres pada 19 Januari 2015 berdasarkan Keppres No. 6/P Tahun 2015 dan Keppres 8/P Tahun 2015.

Salah satu cuplikan video ceramah KH Hasyim Muzadi di depan presiden Joko Widodo:


Meski terbaring sakit, beliau masih memikirkan kondisi bangsa dan umat. Terbukti beliau pernah menyampaikan rasa prihatin atas pertentangan yang terjadi di masyarakat. Sebagai anggota Wantimpres, Hasyim Muzadi salah satunya sempat menyampaikan imbauan agar perdebatan tentang aktor politik penunggang demo 4 November 2016 disudahi. Hal ini dilakukan demi kesatuan dan persatuan NKRI. detik.com

  Berikut ini adalah beberapa foto penting aktivitas KH Hayim Muzadi yang diperoleh dari akun Ahmad Baso di Facebook:

      Ket: "TIGA PILAR POROS GLOBAL NU YANG BIKIN GEGER AMERIKA WAKTU ITU: KHADAFI, PAK HASYIM MUZADI DAN PAK SAID AQIL SIRADJ.
KINI BERANTAKAN AKIBAT POLITIK PECAH BELAH ISLAM OLEH ALIANSI WAHABI-NEOLIBERAL.

    Ket: "JASA TERBESAR PAK KH HASYIM MUZADI UNTUK NU: MEMBAWA NU SELEVEL DENGAN VATIKAN YANG DISEGANI DUNIA DALAM MEMBAWA PESAN PERDAMAIAN GLOBAL.
kini belum ada yang menyamai almaghfurlah di NU abad 21 ini. Malah kini ribut soal ecek ecek NU GeLo.




Ket: "Lobinya Kyai kelas dunia itu ya hingga ke Washington, bukan malah ke menteri Indonesia atau ke gubernur DKI.
Mau menertibkan Freeport atau perusahaan Amrik lainnya, mau membela kepentingan global Indonesia di Kongres Amerika, atau mau mengkampanyekan kepentingan NU dan nilai nilai pesantren dalam kebijakan luar negeri Amerika tentang Islam, ya sang kyai kita ini harus datang langsung lobi para petinggi Amerika. Kyai ini dengan pecinya betul betul membanggakan NU di mata orang bule sana, gak cuma teriak teriak di metroTV atau koar koar di tv9.

NU itu kelas dunia.. kiainya adalah tokoh kelas metropolitan ... didengerin orang se dunia

 Sang kiai kita ini pun juga ikut demo menentang keserakahan kapitalisme minyak global. Maka beliau dikenal juga di kalangan aktivis global sebagai "kiai aktifis dunia untuk perdamaian dan keadilan"

SELAMAT JALAN MBAH KYAI...

0 Response to "Mengenang Mbah KH Hasyim Muzadi (1944 - 2017)"

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel