Kalam Habib Luthfi bin Yahya: Jangan Kotori Panggilan Allah Yang Mulia, Jangan Jadi Provokator

Erhaje88



Sebagai orang Indonesia yang punya budaya dan kesopanan hendaknya selalu menyapa dengan sebutan yang terbaik kepada sesama manusia, lebih lebih kepada pimpinan atau yang dianggap tua oleh kita. Jangan sembarangan memanggil seseorang apalagi sampai mencaci maki.



Panggilan yang baik mampu mengangkat kedudukan dan jabatan. Bila tidak bisa menghargai seseorang maka yang timbul adalah tuntunan jadi tontonan, akibat tidak saling menghargai.
kewibawaan akan surut dan keamanan akan terganggu.

Kalau kita saling ejek, tidak menghargai maka pihak lain akan memandang rendah para pemimpin kita, bangsa kita, aparat kita.

Pengunjung (pengajian) termasuk  telah dakwah menegakan kewibawaan karena takdim kita pada kiai. Mendengarkan dan melaksanakan pitutur Kiai akan turut meningkatkan kewibawaan ulama, menjaga Islam, menjaga ulama.

Di jalan raya pun, harus menghargai pengguna jalan lainnya. Menghargai aparat polisi yang sudah bersusah payah mengatur lalu lintas. Jangan karena oknum kita caci maki institusi.

Dengan saling menghargai, maka keakraban timbul menjadi perekat. Allah SWT saja memanggil umat Islam dengan sebutan "Ya Ayuhaladina amanu"
(hai orang orang yang beriman).
 Betapa mulianya panggilan Allah agar tidak mengabaikan perintah-perintahnya. Janganlah kotori panggilan Allah yang mulia, jangan jadi provokator, memecah belah,” ajaknya.

Semua masyarakat segala lapisan hendakbya untuk terus waspada dengan berbagai panggilan provokatif yang seolah seolah antara ulama yang satu dengan yang lain saling berbenturan. Melunturkan tokoh, memisahkan ulama dengan umat.

(Disarikan dari ceramah Habib Luthfi bin Yahya pada peringatan maulid Nabi dan khaul ke 28 alm. Kyai Anwar bin kyai Munawwar, desa Kaligangsa Kulon, Brebes, Rabu, 1/02/2017)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018