Gara-Gara Ahok, Kita Jadi Belajar Tafsir Qur'an Tiap Hari

Erhaje88


Gara-gara Ahok, kita jadi rajin belajar tafsir Al-Quran. Baik yang Muslim dan yang di luar agama Islam. Ini baru satu ayat: 51 Surat Al-Ma'idah yang diulas dari pelbagai perspektif.
Ada yang mengirimkan tafsir bil ma'tsur: riwayat-riwayat yang menjelaskan teks itu, ada yang bil 'aqli dengan argumen rasional, argumentasi dan analogi, ada yang mejelaskan konteksnya, ada yang menjelaskan dari sisi linguistik, ada yang menjelaskan kaitannya dengan sejarah, politik, ide kebangsaan, keragaman, keamanan dan lain-lainnya.
Yang tak kalah menakjubkan, ada yang membandingkan terjemahan kata awliyaa'/waliyy dalam 23 bahasa di dunia. Ini dahsyat sekali.
Media Sosial: Twitter, Facebook, Grup2 WA dan blog2 berlomba-lomba mengirimkan konten terkait ulasan atas ayat 51 surat Al-Maidah. Dari puluhan Grup WA yang saya ikuti: nama Al-Maidah terus bermunculan, bersamaan dengan nama Ahok.
Ada yang bilang "Waah ini sudah kayak Al-Maidahgate" Saya bilang "Bukan, ini jamuan buat kita".
Ya... Al-Ma'idah artinya memang jamuan, hidangan makanan. Dan kita menyaksikan jamuan tentang masalah ini di publik. Namanya juga hidangan makanan, ada yang manis2, ada yang pedes2, ada yang keras, lembut dan cita-rasa lainnya.
Dalam konteks demokrasi yang sehat, kontroversi dan perdebatan tak terelakkan, yang penting semua pihak punya kesempatan untuk bersuara, mengirimkan argumentasi dan berpolemik secara apik.
Dalam konteks hidangan makanan, telah tergelar aneka-jamuan cita rasa, dan kita menyantapnya sesuai pilihan dan selera, dan tentu saja sesuai kesehatan masing-masing.
Dan...
Kalau ketemu Ahok, saya cuma mau bilang: "Bro, Al-Quran ada 6000an ayat, tolong cicil tiap hari, sebut ayat Al-Quran satu-satu, agar publik terus belajar tafsir Al-Quran" 😁
Gara-gara Ahok, kita jadi rajin belajar tafsir Al-Quran.
😀😀😀😁😁😁😊😊😊
(Muhammad Guntur Romli)

COMMENT

Click to CommentSembunyikan

No comments:

Post a Comment

Erhaje88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Online Shop: BUKAYANGBAIK May 2018